Lihat ke Halaman Asli

Tanpa Disadari Kekerasan Verbal pada Anak Bisa Terjadi

Diperbarui: 3 April 2018   02:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(kompas.com)

Suatu hari Bu Ratna berkata sangat keras pada anaknya Kirana. Penyebab Bu Ratna melakukan hal itu karena sedang terburu-buru. Waktunya sudah sangat mepet, namun Kirana justru malas-malasan untuk mandi. Karena tidak sabar, Bu Ratna pun membentak dan mengatakan Kirana pemalas.

Tiba-tiba Kirana terdiam, ia pun segera melakukan apa yang diperintahkan Bu Ratna dengan raut wajah sedih. Melihat hal itu, Bu Ratna tersadar bahwa cara yang digunakan dalam menyampaikan maksudnya kepada Kirana itu salah. Apa yang dilakukannya justru membuat hati Kirana terluka. Dengan segera Bu Ratna pun meminta maaf kepada Kirana.

Secara sadar atau tidak seringkali orang tua sudah melakukan kekerasan kepada ananya. Baik secara fisik ataupun secara verbal. Perkataan  yang diucapkan tanpa sadar bisa sangat menyakitkan hati sang anak, bahkan bisa membuatnya marah atau mendendam.

Kekerasan lewat ucapan menyakitkan dapat diartikan melecehkan kemampuan sang anak, contohnya dengan mengatakan dia bodoh, pemalas, nakal, dan lain-lainnya. Tidak hanya itu, namun juga melalui pemberian julukan negative, contohnya dengan memanggil dia si hitam, si tengil, si pendek, si usil, dan lain sebagainya.

Hal-hal tersebut seringkali terjadi di sekitar kita. Meskipun diucapkan dengan nada bercanda, tetap saja perkataan-perkataan yang menyakitkan seperti itu tidak boleh diucapkan. Apalagi sampai menganggap sang anak sebagai pembawa sial.

Ucapan-ucapan yang kasar, menyakitkan, dan merendahkan seperti itu akan direkam dalam pita memori oleh sang anak, yang lama kelamaan akan bertambah berat dan semakin berat, hingga pada akhirnya sang anak akan memiliki citra diri yang negative. Dan citra diri inilah yang menyebabkan sang anak tidak memiliki kepercayaan diri. Bahkan di sisi lainnya, hal ini juga akan membuat sang anak membentuk pribadi menjadi pemberontak dan kasar.

Kekerasan terhadap anak akan berdampak kepada masa depan sang anak. Anak bagaikan sebuah kain sutera yang berharga. Apabila ternoda, harus dibilas dengan sabar. Apabila kusut, harus dihaluskan dengan penuh perasaan.

Seorang anak adalah jiwa yang sedang berkembang. Jangan pernah kasari jiwanya. Besarkan jiwa itu dengan kesabaran dan kasih sayang. Gunakan strategi yang bijaksana agar dalam penyampaian perhatian dan pembelajaran dapat diterima dengan baik oleh sang anak.

Seringkali memang orang tua sulit mengontrol emosinya. Jika hal itu terjadi, akan lebih baik untuk menghindar dari sang anak sejenak hingga emosi itu benar-benar mereda. Sebisa mungkin buang jauh-jauh kata-kata kasar dan menyakitkan. Selalu tunjukkan wajah tersenyum pada sang anak dan buatlah sang anak selalu gembira dalam menghadapi hari-harinya.

Sikap orang tua yang membawa suasana positif akan memberikan pengaruh pada sang anak. Dengan kata-kata yang tepat, sang anak akan dapat menyerap dan menjalankan apa yang diinginkan oleh orang tuanya. Bimbing dan besarkanlah anak dengan cinta dan kasih sayang yang tulus, bukan yang berlebihan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline