Lihat ke Halaman Asli

Hamim Thohari Majdi

TERVERIFIKASI

Penghulu, Direktur GATRA Lumajang dan Desainer pendidikan

Bila Ad yang Tidak Baik Katakan kepada Kami, Bila Menemukan yang Baik Masukkan Nilai

Diperbarui: 7 Mei 2023   06:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Obrolan santai bersama asesor dan dinas terkait usai acara pembukaan (Hamim Thohari Majdi) 

Pada masa lalu, di setiap pintu keluar rumah makan padang tertulis  kurang lebih "Bila anda puas katakan kepada kawan, bila anda tidak puas katakan kepada kami". Sebuah closing marketing yang sangat bagus, memberikan kesempatan pelanggan memberikan penilaian atau kepuasan pelayanan dan kenikmatan. 

Makna pernyataan tersebut menunjukkan bahwa setiap manusia berkecenderungan untuk disampaikan kepada khalayak tentang kebaikan. Sedang kejelekan atau kekurangan  cukup dirinya dan orang-orang tertentu yang boleh tahu.

HUJAT SECARA PERSONAL PUJI SECARA MASAL

Sebenarnya pernyataan hujat secara personal dan puji secara masal adalah konsep kepemimpinan, bagaimana seorang pemimpin memperlakukan bawahannya, cara yang elegan untuk memberi saran dan kritik serta memberi penghargaan. 

Cara tepat berkomunikasi dengan anak buah, akan menghasilkan hubungan harmonis di lingkungan kerja dan dapat meningkatkan produk. Kewenangan atau otoritas pimpinan tidaklah harus dilakukan secara otoriter atau semena-mena, harus mengedepankan sisi humanis, karena karyawan juga manusia.

Sama halnya di bidang bisnis, seseorang tidak ingin produk-produknya sampai ke telinga publik hanya  tentang kekurangan atau kejelekannya saja, bila memungkinkan tutup rapat-rapat bau busuknya. Sebaliknya aroma yang diharapkan adalah seperti minyak wangi yang harum semerbak, seperti bunga melati.

Komunikator yang baik adalah memahami tentang t3mpat (ruang) dan waktu. (Sebagaimana teori 5 Wn1 H)

ANGKAT KEHORMATAN ORANG LAIN

Kunci komunikasi yang efektif adalah meletakkan komunikan atau orang yang diajak bicara sebagai orang yang terhormat, ditinggikan statusnya, apalagi posisinya yang bersangkutan memiliki otoritas atau menentukan nasibnya. 

Seperti halnya pelaksanaan akreditasi kunci pokok hasilnya adalah penilaian (verivikasi) asesor setelah melakukan  visitasi, di samping data dan fakta yang disajikan pihak lembaga.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline