Lihat ke Halaman Asli

Hamim Thohari Majdi

TERVERIFIKASI

Penghulu, Direktur GATRA Lumajang dan Desainer pendidikan

Cara Meminang Janda Cerai Siri

Diperbarui: 3 Maret 2023   14:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Janda cerai siri banyak menuai masalah (sumber  gambar : Hamim Thohari Majdi)

Meminang adalah salah satu tahapan akhir dari proses menuju akad nikah, artinya bahwa  untuk memastikan rencana perjodohan atau berumah tangga disepakati dengan acara tunangan. Dalam kitab Kifayatul Akhyar disebutkan bahwa "khithbah" atau meminang adalah permintaan (pernyataan) untuk menikah. 

Bagi seorang perawan tidaklah ada masalah berkaitan dengan waktu tunangan, karena tidak terganggu oleh masa idah (masa tunggu bagi seorang janda ) baik janda cerai hidup maupun cerai mati.

Ketika seorang perempuan menjadi janda, tidak serta merta bisa menikah lagi dengan lelaki lain. Kecuali janda cerai dengan status talak raj'i, bisa langsung menikah lagi dengan mantan suaminya dalam masa idah, hari ini putusan pengadilan mengabulkan perceraian, hari itu pula atau esok hari menikah dengan suami yang sama dibolehkan, hal yang demikian itu disebut dengan rujuk atau kembali membangun rumah tangga lagi bersama pasangan yang sama.

CERAI MATI

Bagi janda yang ditinggal mati oleh suaminya, baginya berhak untuk menikah lagi dengan lelaki lain, tetapi harus menunggu masa idah,dan  bagi perempuan yang sedang hamil sampai menunggu masa kelahiran bayi yang dikandung.

Sedangkan bagi janda yang ditinggal mati oleh suaminya  dalam keadaan tidak hamil, maka masa idahnya selama empat kali suci. Bilangan masa idah selama empat kali suci dimaksudkan untuk memastikan apakah perempuan tersebut benar-benar tidak hamil, karena masa empat kali suci bisa diketahui tanda-tanda, hamil atau tidak.

Tentu saja berkaitan dengan pinangan bisa dilakukan setelah masa idahnya selesai.

CERAI DALAM KEADAAN PERAWAN

Apa ada orang perempuan dicerai oleh suaminya atau mengajukan cerai dalam keadaan perawan? ya tentu ada, karena sejak awal pernikahan atau usai akad tidak terjadi hubungan biologis di antara keduanya, tentang penyebabnya adalah bervariasi, pernikahan yang tidak dikehendaki, pernikahan dengan perjanjian tertentu atau hal-hal lainnya. Sehingga selama pernikahan keduanya menjaga jarak.

Tentu saja janda yang masih perawan adalah ketika menikah sang perempuan memang statusnya ya masih perawan atau belum kawin. Beda istilah dengan janda rasa perawan yang ada dalam lagu karya Ishak yang dipopulerkan oleh Varra Selvarra dalam salah satu baitnya "jadi janda sudah lama  tahunan, sudah lama tidak disentuh orang, aku janda rasa perawan"

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline