Lihat ke Halaman Asli

Indonesia Kalahkan Malaysia di Laga Perdana Uber Cup 2018

Diperbarui: 21 Mei 2018   22:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto dari banjarmasin.tribunnews.com

Gelaran Thomas dan Uber Cup memang sudah dimulai sejak hari minggu kemarin, namun tim Uber Indonesia baru bertanding pada hari ini (senin) 21/5/2018. Pada pertandingan hari kedua sesi kedua pukul 2 siang ini Indonesia berhadapan dengan negara Jiran Malaysia. Kedua negara ini memang selalu menghadirkan rivalitas tinggi pada pertandingan apapun.

Dengan pertandingan yang sengit, akhirnya Indonesia berhasil mengalahkan Malaysia dengan skor tipis 3-2. Raihan ini membuat tim Uber Cup Indonesia menduduki peringkat kedua grup D, di bawah juara bertahan China. China yang menjadi unggulan kedua ini berhasil menang telak atas Prancis dengan skor 5-0.

Kemenangan Indonesia di piala Uber ini memang tidaklah mudah. Pada pertandingan pertama tunggal putri kita  Fitriani harus harus mengakui kekuatan mental lawannya yaitu Soniia Cheah dengan rubber game. Padahal di game pertama Fitriani bisa unggul 21-10, namun keunggulan di game pertama ini seakan sirna dengan kekalahan di game selanjutnya dengan skor 17-21 dan 14-21. Dengan kekalahan di sektor tunggal pertama ini membuat kedudukan sementara 1:0 untuk Malaysia.

Untungnya kekalahan pertama tersebut tidak mengganggu performa tim, dimana di pertandingan kedua yang diwakili oleh ganda putri andalan kita Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Pasangan tua muda inu berhasil membuka trend positif kemenangan tim Uber Indonesia melawan Malaysia. Greysia/Apriyani mengalahkan Goh/Lee dengan dua game langsung 21-13 dan 21-14. Dengan kemenangan ini Indonesia mengimbangi Malaysia dengan skor 1:1.

Kemenangan ini berlanjut di nomer tunggal putri dan ganda putri kedua. Gregoria Mariska Tunjung sebagai tunggal kedua berhasil menuntaskan tugasnya dengan mengalahkan Goh Jin Wei. Gregoria menyudahi perlawanan tunggal kedua Malaysia dengan skor 22-20 dan 21-16. Walau kemenangan yang diraih tidaklah mudah, namun ini sudah membuktikan tunggal putri muda ini memiliki mental dan masa depan yang bagus. Kemenangan ini membawa Indonesia unggul 2:1 atas Malaysia.

Di pertandingan keempat kembali Indonesia meraih kemenangan lewat ganda putri Della/Rizki atas Chow/Hoo dari Malaysia dengan skor 24-22, 20-22 dan 21-12. Kemenangan ini juga bukan kemenangan mudah karena Della/Rizki harus bermain rubber game dengan poin yang sangat dekat di game satu dan dua mereka harus bermain sampai jus dan saling berbagi kemenangan. Untung pasangan yang sering melalang buana di berbagai turnamen dunia ini berhasil unggul jauh di game ketiga. Dengan kemenangan tiga kali beruntun ini Indonesia memimpin 3-1 atas Malaysia.

Di game kelima kemenangan berhasil diambil alih Malaysia lewat tunggal putri ketiganya. Kisona dengan cukup mengejutkan mengalahkan Ruselli Hartawan dalam rubber game 21-23, 23-21 dan 21-13. Dengan demikian Malaysia berhasil memangkas poin menjadi 2:3 dengan tetap Indonesia memenangi pertandingan hari ini.

Karena masih dalam grup maka Indonesia harus berhati-hati agar bisa melaju ke perempat final. Syaratnya Indonesia harus menang telak atas Prancis pada hari selasa besok dan berusaha mencuri poin saat melawan China di hari berikutnya. Posisi runner up grup memang pilihan yang realistis bagi tim Uber kita. Namun semoga saja tim Uber kita bisa memberi kejutan dengan mengalahkan juara ketiga dan memuncaki grup D nantinya.

Kita tunggu saja pertandingan selanjutnya. Terakhir saya ucapkan selamat atas kemenangan kita melawan Malaysia. Karena kemenangan ini sangatlah berharga bagi kami warga Indonesia. Terus berjuang doa kami kan selalu menyertai kalian.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline