Lihat ke Halaman Asli

Organisasi Daerah Mahasiswa Tak Bisa Sendiri

Diperbarui: 13 Desember 2017   17:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

bencana di Pacitan Foto dari Tribunnews.com

You Can't Save The World Alone. Itulah tema film Justice League yang rilis beberapa pekan yang lalu, pada intinya kita tidak bisa menyelamatkan dunia sendirian. Kita harus bergabung dan bekerja sama untuk menyelamatkan bumi ini. Moto ini sangat bagus dan bisa kita pakai untuk keadaan sekarang ini, dimana keadaan sekarang sangat banyak bencana yang menimpa bangsa ini. Bagaimana cara mengatasinya? Ya kita harus berjuang bersama, jangan sendirian.

Namun kenyataannya tidak begitu, saat bencana datang semua serba sendirian. Misalkan kemarin saat ada banjir di Lombok Timur maka ramai-ramai mahasiswa asal NTB mencari sumbangan di lampu merah yang ada di Kota. Kemudian lanjut saat bencana banjir dan longsor mengisolasi Pacitan, secara otomatis perkumpulan mahasiswa asal pacitan dan sekitarnya juga menggalang dana di lampu merah. Walau tak banyak, bagi mereka itu salah satu cara meringankan beban orang yang sedang terkena musibah di kota asalnya.

Pertanyaannya, apakah ini efektif? berapa besar dana yang terkumpul? berapa lampu merah yang ada relawan yang siap menampung sumbangan? jelas jawabannya sangat terbatas. Paling hanya perempatan atau pertigaan jalan yang dekat dengan kampus saja yang mereka jamah. Nah itulah jika Orda (organisasi daerah) bekerja sendiri-sendiri dan tak pernah terkoneksi.

Oya Orda alias organisasi daerah itu suatu perkumpulan mahasiswa yang berasal dari daerah yang sama. Misal Orda Mahasiswa Lombok, Orda Banyuwangi, Orda Blitar dan masih banyak lagi bahkan setiap kampus ada cabang ordanya sendiri loo, itu biasanya yang ada di Malang. Dengan catatan tak setiap tahun orda aktif, tergantung angkatan mahasiswa yang menjalankannya.

Kembali ke topic awal You Can't Save The World Alone, menurut saya alangkah lebih baik semua orda ini terkoneksi dan saling membantu. Misalkan di Pacitan kemarin ada bencana, maka seluruh organisasi daerah yang ada di Malang turun ke jalan mencari bantuan. Bukan Orda yang terkena bencana dan sekitarnya saja yang membantu. Memang sudah ada beberapa Orda lain yang membantu, namun saya yakin lebih banyak yang belum bergerak untuk membantu. Pastilah bantuan itu akan terkumpul banyak dan bisa meringankan beban mereka yang membutuhkan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline