Lihat ke Halaman Asli

JNE: Jaminan Connecting Happines untuk Jual Beli Online

Diperbarui: 7 Juli 2015   09:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1432563476445538823

Selama menjadi anggota kompasiana baru kali ini saya mengikuti sebuah acara blogshop, awalnya sempat ragu-ragu untuk ikut. Namun setelah lihat tema tentang pemanfaatan blog untuk jual beli online saya merasa tertarik untuk ikut. Setelah itu langsung saja saya melakukan pendaftaran lewat email dan selang 2 hari ada konfirmasi bahwa saya resmi terdaftar sebagai peserta dalam acara blogshop kompasiana bareng JNE. Saya sedikit terharu karena termasuk yang pertama mendaftar. Silahkan lihat daftar list peserta...

[caption id="attachment_420152" align="aligncenter" width="300" caption="list daftar peserta blogshop bareng JNE di UB Malang"][/caption]

Lanjut pada hari H, tepatnya hari selasa siang sekitar pukul setengah satu saya sudah memasuki area kampus UB alias Universitas Brawijaya. Perlu diketahui sebelum mempunyai singkatan UB dulu Universitas Brawijaya menggunakan istilah UNIBRAW, Nah menurut Bu Sekjur Managemen singkatan UNIBRAW dirubah menjadi UB dikarenakan takut banyak orang yang membacanya salah menjadi UNBRA (yang artinya tidak pakek Br@@@)..hehehe terang beliau sambil tertawa. Itu tadi sekilas nama kampus yang menjadi tuan rumah acara kali ini.

[caption id="attachment_420153" align="aligncenter" width="300" caption="gedung tempat blogshop (dok.pribadi)"]

14325638251704063811

[/caption]

Sesampainya di kampus UB ini sebenarnya saya tidak tahu, gedung yang mana yang dipakai untuk acara pelatihan. Dengan Pede dan berbekal insting mulailah saya menelusuri dan mengililingi kampus, tak selang berapa lama mulai terlihat banyak sepanduk JNE dan ada banner kompasiana. Baru yakinlah saya bahwa gedung itulah yang dipakai tempat acara alias di gedung C fakultas ekonomi kalau tidak salah. [caption id="attachment_420155" align="aligncenter" width="300" caption="Suasana daftar ulang (Dok.Pribadi)"]

14325640031852505315

[/caption]

Saat jam menunjukkan pukul 13.45 sudah banyak orang yang menunggu di depan ruangan, ternyata mereka semua menunggu stand daftar ulang yang belum dibuka. Kesempatan itu saya gunakan untuk berkeliling melihat stand JNE dan stand makanan yang ternyata juga punya JNE loo. Akhirnya tepat pukul 14.00 daftar ulang bisa dilakukan dan kami mendapatkan satu kaos cantik dan makan siang.

Sambil menunggu acara dimulai tidak ada salahnya jika kita makan terlebih dahulu, soo mari makan, monggo, jangan lupa doa dulu yaaa...Bismillahir rahmanir rahiim Allahumma Baarikalana fiima razaqtana wa qina ‘adaabannaar.. amin... ups jangan ngiler yaa.hehehe

[caption id="attachment_420156" align="aligncenter" width="300" caption="makan siang sambil nunggu pemateri"]

1432564121486088014

[/caption]

Langsung saja kita lihat review materi dari tiga pemateri berikut:

1. Mas Nurullah (dari Kompasiana)

Pemateri pertama ini cukup unik menurut saya karena beliau ini merupakan salah satu editor di blog kompasiana, dimana jika ada tulisan maupun penggunaan foto yang menyalahi rambu2 dan aturan yang ada langsung akan didelete dan diperingatkan. Sama seperti artikel saya beberapa minggu yang lalu yang fotonya didelete karena melanggar hak cipta, maklum foto itu saya comot langsung dari google tanpa menyantumkan alamat aslinya,hehehe..

Lanjut, mas yang satu ini menjelaskan tentang betapa pentingnya sebuah content comunity dalam sebuah blog. Berhasil tidaknya seorang mengelola blog baik blog pribadi maupun blog jual beli online sangat dipengaruhi content atau isi di dalamnya. Sebelum lebih jauh mari kita renungkan sejenak berapa jumlah pengguna internet di Indonesia ini. Jelas sangat banyak, rinciannya ada sekitar 35% pengguna internet dari seluruh penduduk indonesia yang sudah mencapai lebih 200 juta jiwa. Dari semua pengguna internet tersebut hanya 7% yang digunakan untuk jual beli, kebanyakan masyarakat menggunakan internet hanya untuk media sosial seperti facebook, twitter, youtube, dll. Hitungan kasarnya pengguna internet di Indonesia berjumlah 70an juta orang dan yang berjualan kurang dari 10 juta orang. Bayangkan masih ada 70 juta orang merupakan pasar baru yang siap untuk kita jajaki.

[caption id="attachment_420157" align="aligncenter" width="300" caption="Mas Nurullah saat menyampaikan materi (Dok.Pri)"]

14325643091488802237

[/caption]

Melihat besarnya pasar di internet timbul pertanyaan, kenapa banyak orang yang belum atau enggan berjualan atau membeli via online??? Seperti yang saya rasakan dulu, bahwa faktor utama orang belum jual beli online adalah masalah trust atau kepercayaan. Masih banyak orang yang takut tertipu jika berbelanja online misalnya uang sudah ditransfer tapi barang tidak terkirim, uang di rekening tersedot, barang yang dibeli tidak sesuai dengan contoh gambar di internet dan masih banyak lagi. Selain itu ternyata banyak orang di Indonesia ini yang belum mempunyai rekening bank sehingga transaksi mereka hanya terbatas pada uang tunai, tercatat hanya 40% penduduk Indonesia yang mempunyai rekening bank. Masalah yang lain adalah kemasan dagangan yang dijual di internet banyak yang biasa bahkan cenderung membosankan, jikapun ada yang menarik itu pasti karena gambar yang sedikit banyak mengandung unsur sara dan pornografi. Bukannya lihat barang yang dijual malah lihat foto mbak-mbaknya yang terpampang disitu. Di sinilah content sangat berpengaruh, bagaimana kita bisa memadukan tulisan, gambar, serta sponsorship yang ada di blog kita agar menarik perhatian pengunjung blog.

Setidaknya ada empat prinsip yang harus kita pegah teguh dalam mengelola blog. Pertama, content harus original buatan kita sendiri, jangan sampai kita sembarangan mencopy paste tulisan di blog orang lain (jadi teringat masa-masa kuliah,hehehe), apalagi tanpa mencantumkan sumbernya, haram hukumnya ok. Kedua, kita harus sabar. Sebagus-bagusnya kontens kita tidak akan langsung diserbu oleh pengunjung, kita harus bersabar dulu apalagi jika komentar negatif tentang blog kita dari sebagian pengunjung, sabar..sabar.... Ketiga, timely atau bahasa gaulnya istiqomah. Selain sabar kita juga harus continue dalam mengupload dan mengupdate data di blog kita. Fungsinya apa, agar para pengunjung blog percaya dengan kita, jangan sampai saat ada pengunjung yang berniat membeli barang kita ternyata membaca artikel tahun 2010 atau lima tahun yang lalu pasti tidak akan jadi beli kan !!!!. keempat, fleksibel maksudnya kita tidak boleh kaku terhadap isi blog kita jika ada yang memberi saran yang baik yaa kita ikuti dan kita edit konten kita lebih baik.

Agar sukses dalam mengelola suatu blog kita harus menentukan tujuan kita. Misalnya kita membuat blog untuk jualan, berbagi ilmu dll. Menurut bang Nasrullah ada beberapa golongan dan tipe kenapa orang membuat dan mengelola blog. Moggo dilihat gambarnya...

 

[caption id="attachment_420158" align="aligncenter" width="300" caption="bagan alasan penggunaan blog"]

1432564397173220691

[/caption] Penjelasan bagan di atas yaitu :

- Tingkat yang paling bawah atau untuk seorang pemula. Biasanya kita membuat blog hanya untuk senang-senang belaka, keren punya blog sendiri. Atau mungkin juga karena ada tugas kuliah atau sekolah.

- Golongan yang kedua ini membuat blog agar dia dapat berinteraksi dengan orang lain yang mempunyai hobi yang sama. Misalnya orang yang membuat blog gaming tertentu, pasti akan banyak komentar dari orang yang hobinya sama dan terciptalah interaksi di antara mereka.

- Mendapatkan uang, nah ini masih sedikit orang yang bisa dan paham bagaimana cara mendapat uang dari internet. Pada umumnya ada dua cara yakni jual beli online dan mendapat uang dari sponsor blog kita misalnya lewat google adsanse.

- Mengembangkan keahlian. Ini sering dilakukan oleh para cendekiawan kita seperti para dosen dan ilmuwan. Mereka mempunyai blog untuk menuliskan unek2 serta hasil penelitian mereka.

- Dan golongan yang paling mulia adalah blogging untuk membantu orang lain. Contohnya membuat blog tips2 kesehatan, merawat barang elektronik atau membantu orang miskin serta orang sakit yang tidak ada biaya pengobatan. Keren pokonya...

Lanjut, kemudian kenapa seorang ingin membaca sebuah blog khususnya dalam jual beli online. Berikut

- Untuk membaca testimoni orang lain tentang produk tersebut baik kelemahan maupun kelebihannya. Biasanya ini cara paling efektif untuk mengetahui kualitas suatu produk, karena para netizen ini pernah secara langsung memakai produk tersebut dan mereka semua tidak mungkin dibayar oleh perusahaan produk.

- Setelah membaca testimoni langkah selanjutnya adalah menentukan pilihan apakah jadi beli atau tidak. Serta melihat aspirasi dari orang lain.

14325644771351885438

Bang Nurullah juga menjelaskan beberapa cara efektif dalam mengelola Content yaitu kita harus mengetahui diri kita terlebih dahulu, produk seperti apa yang akan kita jual. Selanjutnya kita harus tahu segmen customer kita atau pasar produk yang kita jual jangan sampai kita menjual batu akik pada anak-anak pasti gak laku karena kemahalan. Kita juga harus pintar-pintar mengemas konten blog kita yang akan ditulis. Lanjut kita harus punya planning yang matang, jangan sampai grusak grusuk dan akhirnya membuat usaha kita gagal. Dan terakhir adalah eksekusi, setelah punya planning yang matang kita harus segera merealisasikannya. Kenyataannya banyak di antara kita yang ingin usaha hanya berpikir dan berkomentar tanpa adanya aksion.

Terakhir yakni tips-tips penting agar content comunity kita berhasil, ada banyak tips yang diberikan antara lain:

- Buatlah konten yang menarik dan bermanfaay

- Buatlah konten yang belum diangkat oleh media massa atau menggunakan sudut citizen journalis

- Gunakan data, fakta, testimoni serta hasil pengalaman tentang produk anda

- Gunakan bahasa yang naratif atau bercerita, jangan pointer.

- Update terus content anda secara berkala

- Libatkan pembaca dalam percakapan

- Beri keterangan lengkap tentang produk anda di content atau gunakan link untuk keterangan lebih lanjut

- Jangan membuat link yang sama antara medsos fb, twetter dll

- Terus berdoa dan bersabar..hehehe

2. Mas Wahyu (Jubir KDRI)

Mas yang satu ini mungkin pembicara yang paling keren, dia adalah seorang juru bicara dari Kementerian Desain Republik Indonesia (kementerian ini belum diakui atau disahkan pen.). tujuan utama mas Wahyu ini adalah membuat Indonesia lebih keren alias tidak katrok terutama dalam penggunaan simbol dan lambang. Silahkan simak contoh monotonnya pemerintah dalam masalah logo...

 

[caption id="attachment_420160" align="aligncenter" width="300" caption="logo HUT RI yang selalu sama (image from http://www.magzimp.com/)"]

1432564544733593354

[/caption]

Hal inilah yang menggerakkan hati CEO sekolah animasi untuk membuat kementerian baru yakni KDRI. Coba lihat perbedaan setelah logo pemerintah yang dikreasi ulang.. kerenkan..!!!

 

[caption id="attachment_420161" align="aligncenter" width="300" caption="Salah satu contoh desain logo kreatif (image from: http://kdri.co/68)"]

1432564601768483393

[/caption]

Kreatifitas arek asli malang ini ternyata sudah terlihat saat bersekolah sd di Cor Jesu, saat guru sibuk menjelaskan materi pelajaran Wahyu kecil malah sibuk menggambar di buku tulisnya. Dia mempunyai misi saat itu yakni membuat teman sekelasnya bahagia melihat gambar-gambarnya, sungguh mulia.hehehe

Selanjutnya saat menjadi siswa di SMAN 3 Malang ide kreatifnya semakin tak bisa dibendung. Kali ini Wahyu remaja mempunyai misi untuk menjadikan SMAN 3 menjadi SMA tergaul, maklum saat itu sekolah apalagi SMA negeri sangat monoton dan datar. Dicontohkan kaos olahraga standart, karena ingin terlihat keren di desain ulanglah kaos olahraga tersebut menjadi lebih keren. Efeknya luar biasa, banyak siswa yang memakai kaos ini untuk diluar sekolah seperti saat jalan2, bimbel, kencan, dll. Dari desain kaos inilah karier bang Wahyu melesat,  hampir semua produk SMAN 3 di desainnya seperti kaos, kop surat, acara perpisahan sekolah dan masih banyak lagi. Saking kreatifnya sampai-sampai oleh pihak sekolah hanya dinding kelasnya lah yang diperbolehkan dicoret, disitu Bang Wahyu menggambar alien dan puluhan piring terbang di langit-langit kelas. Bener-bener kreatif...

Nah sekarang ini pria asli sawojajar ini memiliki job yang sesuai dengan hobinya, yakni mendesain banyak logo dari pemerintah yang paling teranyar yaitu mengadakan event untuk Pemprov Jakarta. Lewat blog KDRI inilah Bang Wahyu mengadakan banyak sayembara, dalam waktu singkat ternyata ribuan orang yang mendaftar dan mengikuti lomba desain. Ini membuktikan bahwa banyak generasi muda Indonesia yang peduli dan memiliki ide-ide kreatif.

Bang Wahyu memberikan tips bagi siapa saja yang ingin sukses, menurutnya untuk menghasilkan produk baru apapun kita membutuhkan tiga elemen yakni kreatifitas manusia, teknologi dan pasar. Ketiga hal elemen ini memiliki keterikatan yang tak terpisahkan. Cukup susah memang untuk menggabungkan ketiga elemen ini, so intinya kita harus terus berusaha, pantang menyerah dan juga bersabar. Dan jangan lupa ikuti sila ke-6 dari bang Wahyu yakni Kreatif sampai Mati.... ok.

3. Pak Andre (JNE)

Pemateri yang terakhir dan yang ndak kalah pentingnya yaitu tentang peran JNE dalam mendukung jual beli online. Menurut pak Andre JNE sekarang ini telah siap mendukung para pengusaha kecil menengah serta usaha individu untuk mengembangkan sayapnya. Misalnya banyak sekarang ini mahasiswa yang berjualan online dan memiliki pelanggan di luar kota, nah JNE lah yang akan menjamin barang yang dijual akan sampai di tempat pelanggan dengan aman.

 

[caption id="attachment_420164" align="aligncenter" width="300" caption="Pak Andre saat mengisi materi (dok.pri)"]

1432564775367300284

[/caption]

Pak Andre juga menjelaskan asal mula JNE yang diprakarsai oleh beberapa remaja yang sangat nekat, mereka berani mengirim barang ke seluruh Nusantara walaupun sebenarnya mereka belum pernah ke tempat tersebut. Aksi nekat inilah akhirnya membuahkan hasil manis dan menjadikan JNE sekarang menjadi perusahaan jasa antar barang yang besar.

JNE tumbuh pesat lewat usaha jual beli online, tercatat penghasilan dari perdagangan di Internet bisa mencapai 4,5 juta USD, woow angka yang sangat besar. Perdagangan online ini didominasi oleh penjualan baju, kaos serta pernak-pernik khas suatu daerah, kemudian disusul oleh barang elektronik. Tidak hanya itu JNE juga punya program unggulan baru, yakni anda bisa memesan makanan khas nasional dan dalam waktu satu hari makanan sudah bisa anda nikmati. Misalnya hari ini anda ingin makan empek2 yang asli palembang, langsung saja pesan di JNE dan besuk anda sudah bisa menikmatinya di meja makan anda..kerennn...

1432564846399396003

Dalam perdagangan online JNE memiliki prinsip connecting Happiness, yaitu sebagai penghubung antara penjual dan pembeli online sehingga semua pihak menjadi senang.  Selain itu jika ada blog yang menampilkan logo JNE di dalamnya pasti akan menambah kepercayaan pelanggan terhadap blog tersebut. Terakhir pak Andre memberikan tantangan bagi para mahasiswa dan generasi muda untuk berjualan online karena pasar yang sangat luas dan JNE siap mendukungnya....

 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline