Lihat ke Halaman Asli

Hamdani Zulva

Mahasiswa UMM

Kolaborasi Mahasiswa PMM UMM dan Desa Randuagung: Promosikan Wisata Desa Lewat Pengembangan Website Desa Wisata

Diperbarui: 17 April 2023   13:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Pada tanggal 20 Februari 2023 Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melaksanakan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM). Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah sebagai wadah bagi para mahasiswa menyalurkan kegiatan positif pada masyarakat. PMM sendiri Bertujuan untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Pelaksanaan PMM di Desa Randuagung, Kecamatan Singosari,Kabupaten Malang, Jawa Timur dilakukan oleh Kelompok 31 gelombang 1 dengan anggotanya Hamdani Zulva, Muhammad Zulfiqor Lilhaq, Riyan Putra Firjatullah, Muhammad Rahadian Arya Saputra, dan Muhammad Aqil Anggoro  dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Bapak Hardianto Wibowo, S.Kom, MT. dari prodi Teknik Informatika.

Dok. pribadi

Setelah dua tahun diterjang badai pandemi Covid-19, akhirnya kita bisa mulai  melakukan kegiatan di luar ruangan dengan protokol new normal. Tempat wisata yang selama pandemi ditutup kini sudah mulai dibuka, tidak terkecuali Wisata-wisata yang ada di Desa Randuagung. Oleh karena itu diperlukan untuk melakukan promosi agar tempat wisata yang ada di Desa Randuagung bisa ramai kembali.

Dari pandemi kemarin kita juga belajar bahwa internet merupakan sarana yang penting. Dimana dalam laporan bertajuk Profil Internet Indonesia 2022, Asosiasi Penyelenggara Internet Indonesia (APJII), menyatakan jumlah penduduk Indonesia yang telah terkoneksi dengan internet pada kurun 2021-2022 mencapai 210 juta orang dan menempati peringkat 4 di dunia. Dengan demikian kelompok kami memanfaatkan teknologi website sebagai sarana promosi wisata di Desa Randuagung.

Hal yang pertama kelompok kami lakukan adalah komunikasi dengan pihak desa. Kami menanyakan wisata apa saja yang perlu untuk dipromosikan dan detail masing-masing tempat wisata tersebut. Setelah itu, kelompok kami melakukan survey lokasi untuk mengumpulkan foto-foto dari tempat wisata yang ada.

Dok. pribadi

Kemudian dilanjutkan dengan pembuatan website Desa Wisata (Deswita) Randuagung. Pada proses pembuatannya kelompok kami berkonsultasi dengan pihak desa perihal fitur dan konten yang ada di dalam website. Konsultasi ini kami laksanakan tiap minggu selama kegiatan PMM berlangsung. Dengan tujuan konsultasi ini bisa membuat website yang dibuat mudah digunakan dan memiliki tampilan yang indah.

Setelah itu Kelompok kami melakukan pelatihan kepada perangkat desa dan pengelola wisata tentang cara penggunaan websitenya. Diharapkan dengan ini website yang telah kami buat bisa digunakan sebaik mungkin sehingga bisa meningkatkan perkembangan wisata di Deswita Randuagung.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline