Lihat ke Halaman Asli

Jangan Menyepelekan Sarapan, Ini Dia Pentingnya Sarapan Bagi Tubuh Kita!

Diperbarui: 11 Maret 2016   16:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


[caption caption="Breakfast via bath.ac.uk"][/caption]

Sarapanmu Energimu

Pernahkah anda tidak sarapan atau melupakannya? jika pernah apa yang anda rasakan? mungkin anda merasa lapar, kurang semangat, mood yang kurang baik? Jika pernah merasakan hal tersebut, akankah anda mengulangi meninggalkan dan melupakan sarapan? sudahkah anda tahu manfaat dari sarapan? jika belum, anda perlu menyimak penjelasan berikut ini.

Berdasarkan sebuah penelitian kesehatan mengungkapkan bahwa sarapan merupakan salah satu ritual yang paling penting dilakukan seseorang sebelum melaksanakan aktivitasnya. Sebab dengan sarapan seseorang akan mendapatkan nutrisi yang tepat untuk tubuhnya serta energi untuk beraktivitas.

Seseorang yang melewatkan sarapan akan cenderung mengalami beberapa resiko dalam kesehatannya. Seperti halnys; menurunnya metabolisme tubuh serta merubah mood. Disini ada beberapa dampak negatif yang ditimbulkan jika seseorang itu meninggalkan sarapannya.

1. Meningkatkan resiko serangan jantung

Orang yang meninggalkan sarapan akan cenderung mengalami resiko terkena serangan jantung, dibanding mereka yang tidak meninggalkannya. Hal ini terjadi disebabkan tersumbatnya arteri serta hipertensi, karena orang yang tidak sarapan dan membiarkan perutnya kosong akan membuat jantung memompa darah terus, sedang asupan dalam tubuh tidak ada. selain itu kebiasaan merokok juga bisa menyebabkan serangan jantung.

2. Diabetes

Selain beresiko terkena seranga jantung, meninggalkan sarapan juga beresiko terkena diabetes.

3. Menjaga berat badan

Jika diantara kita beranggapan bahwa sarapan membuat gemuk, itu adalah asumsi yang salah. Justru orang yang tidak meninggalkan sarapan akan menurunkan keinginannya untuk makan banyak di siang hari. Berbeda dengan orang yang meninggalkan sarapan, dia akan cenderung makan yang banyak di siang harinya.

4. Migran

Migran atau sakit kepala disebabkan menurunnya kadar gula dalam tubuh. Sedang orang yang meninggalkan sarapan akan menurunkan kadar gula dalam tubuh. Sehingga orang tersebut akan lebih mudah dan sering terkena migran.

5. Kurang konsentrasi

Orang yang melewatkan sarapan akan lebih sulit fokus dan berkonsentrasi dengan baik daripada orang yang tidak meninggalkan sarapan. Dan apabila kamu kurang konsentrasi dengan baik, maka emosi dalam dirimu akan ikut mempengaruhi.

6. Mudah marah

Seseorang yang mudah marah kemungkinan dia tidak sarapan. Sebab orang yang meninggalkan sarapan tidak mempunyai energi untuk beraktivitas, sehingga membuat seseorang cenderung lebih mudah marah-marah.

Itulah beberapa dampak negatif jika kamu meninggalkan sarapanmu. Jika kalian sudah mengetahui dampak negatifnya, masihkah kalian meninggalkan sarapan?




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline