Lihat ke Halaman Asli

Hamdali Anton

TERVERIFIKASI

English Teacher

Tidak Masalah Mengungkit Masa Lalu, Asalkan...

Diperbarui: 14 Februari 2021   22:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi (Myriams-Fotos via pixabay.com)

"Jangan mengungkit-ungkit masa lalu, Esmeralda. Yang lalu, biarlah berlalu..."

Terkadang kita merasa tabu atau bosan kalau mendengar orang lain mengungkit masa lalu, apalagi kalau kebanyakan membicarakan kejelekan atau keburukan perilaku seseorang. Mudah-mudahan Anda tidak termasuk sekelompok orang yang suka menggosipkan tingkah laku orang lain.

Bicara masa lalu, bicara tentang sesuatu yang terjadi di masa lampau, entah itu di saat mulai belajar berjalan, saat di TK, SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi, dan lain sebagainya.

Setiap kejadian mempunyai kisah yang unik. Suka duka berpadu menjadi satu kesatuan dan kitalah yang menjadi tokoh utama dalam cerita tersebut.

Yang menjadi masalah adalah pengungkapan kisah hidup di masa lalu tidak bisa dilakukan dengan mudah dalam bahasa Inggris.

Berbeda dengan bahasa Inggris; di dalam bahasa Indonesia, bentuk kalimat di masa yang akan datang, sekarang, dan di masa lalu tidaklah berbeda (kecuali ada perbedaan dari segi kata keterangan waktu saja).

Misalnya:
Saya akan pergi ke Balikpapan besok.
Saya sedang pergi ke Balikpapan sekarang.
Saya pergi ke Balikpapan kemarin.

Tidak terlalu banyak perbedaan yang mengemuka. Hanya pemakaian kata akan, sedang, besok, sekarang, dan kemarin yang menjadi pembeda dalam tiga kalimat bahasa Indonesia di atas.

Namun sangat berbeda sekali kalau kita ingin menuliskan tiga kalimat di atas dalam bahasa Inggris.

Penampakannya akan menjadi seperti ini:
I will go to Balikpapan tomorrow.
I am going to Balikpapan now.
I went to Balikpapan yesterday.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline