Lihat ke Halaman Asli

Hamdali Anton

TERVERIFIKASI

English Teacher

Indonesia Tetap di Hati Walau di Tengah Pandemi

Diperbarui: 17 Agustus 2020   13:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Kompas.com

Kalau melihat keadaan saat ini, kondisi Indonesia berada di situasi dilema dalam menghadapi covid-19. Pesimisme akan hari esok yang cemerlang menyeruak di hati kebanyakan orang.

Terkadang saya pun berpikiran seperti itu. Indonesia, meskipun sudah 75 tahun merdeka, tapi seakan hidup di Indonesia yang tidak “merdeka”. Pemerintah terlihat jauh dari kepedulian pada nasib rakyat. Terlalu banyak retorika tapi minim tindakan nyata.

Saya berhenti bergantung pada kekuatan manusia. Hanya kepada Tuhan sajalah saya bergantung sepenuhnya.

Berusaha tetap optimis

Berpikir optimis sangatlah tidak mudah di era pandemi covid-19. Keadaan jauh dari yang pernah dibayangkan, bahkan belum pernah tebersit di benak. Tak pernah ada bayangan akan menghadapi virus mematikan dan mengancam jiwa.

Saya hanya bisa menyerahkan diri pada Tuhan. Saya percaya Tangan-Nya selalu melindungi kita. Saya juga percaya akan firman-Nya yang selalu memberi kekuatan pada saya setiap hari, memberi pencerahan dan keyakinan akan hari depan yang penuh harapan, meskipun di hadapan mata saat ini terkesan jauh dari itu.

Doa juga memberi kekuatan pada saya untuk melewati hari demi hari. Karena hari-hari ini terasa berat sekali. Berkomunikasi kepada-Nya, meminta penyertaan-Nya untuk mengarungi badai kehidupan, membuat saya tetap kuat.

Memuji Tuhan akan kebaikan-Nya adalah juga salah satu cara saya dalam menjaga diri untuk tetap optimis. Tidak selalu lewat menyanyi. Memainkan lagu pujian dan penyembahan kepada Tuhan lewat permainan gitar tunggal adalah andalan saya. Untuk menjaga hati tetap waras dan tidak pesimis dalam menghadapi tantangan di depan.

Beberapa saya rekam dan unggah ke YouTube sebagai pengingat akan pertolongan Tuhan di sepanjang hidup saya. Salah satunya di bawah ini sebagai contoh.

Dan menjelang HUT Kemerdekaan Indonesia yang ke-75, saya berkomitmen untuk melatih diri dalam memainkan partitur gitar tunggal dari lagu “Indonesia Pusaka” karya Ismail Marzuki dimana aransemen gitar solo dibuat oleh Cressentia M.

Berlatih dalam waktu seminggu

Dalam waktu seminggu, saya sudah harus menguasai aransemen lagu ini. Tepatnya, hari Minggu lalu, 9 Agustus 2020, saya mulai berlatih memainkan lagu ini di gitar andalan. Tentu saja ada perubahan disiplin yang saya harus jalani.

Yang biasanya saya hanya latihan 30 menit setiap hari, berubah menjadi dua sampai tiga jam dalam sehari. Tak mengapa. Yang penting, saya cepat menguasai.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline