Lihat ke Halaman Asli

Halima Maysaroh

TERVERIFIKASI

PNS at SMP PGRI Mako

Antara Minat, Bakat, dan Peran Komunitas Menulis

Diperbarui: 15 Juni 2023   16:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi: Berkumpul di perpustakaan. (sumber: pexel/@pixabay)

Pada ulasan kali ini, saya ingin menceritakan peran komunitas menulis dalam menyalurkan minat dan bakat menulis saya yang lama sempat mengendap. 

Bergabung dengan sebuah komunitas dapat membangun dan menemukan tempat yang mewadahi ke mana minat dan bakat disalurkan.

Sejak SMP di tahun 2000an, saya mulai berminat untuk menuliskan ide-ide yang melintas liar di dalam kepala. Ada ketidakpuasan dalam diri jika ide hanya mengembang menjadi imajinasi belaka. 

Menulis dimulai dari menulis buku harian tentang kegiatan sehari-hari, juga tentang perasaan dan keluhan yang tak mampu disampaikan kepada yang bersangkutan.

Kemudian saya menulis ide-ide fantasi dan fiksi. Ide-ide cerita fiksi muncul dari perasaan yang diinginkan. Saat menulis cerita, seperti mengarang jalan hidup yang diinginkan. Semua itu ditulis tangan di buku-buku tulis saja.

Hingga waktu kuliah, saya menulis cerita dan puisi menggunakan perangkat komputer. Terdapat beberapa cerpen dan puluhan puisi ditulis begitu saja. 

Saya belum tahu harus dikemanakan karya-karya tersebut. Ingin rasanya menemukan wadah yang dapat menyalurkan tulisan saya menjadi sesuatu. Hingga laptop rusak, tulisan-tulisan saya mengendap di dalamnya.

Bergabung dengan komunitas menulis

Baru pada tahun 2018, saya mengenal penerbit dengan berbagai aturan untuk menerbitkan buku. Seperti ada titik terang mau ke mana tulisan saya akan berlabuh. 

Tetapi, untuk menulis sebuah buku yang sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku itu tidak mudah dan butuh waktu yang tidak sebentar tentunya.

Di tahun 2019, saya diajak teman, seorang guru Bahasa Inggris yang sangat baik hati mengajak saya bergabung dengan komunitas menulis yang didirikan oleh seorang guru yang berdomisili di Kota Medan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline