Lihat ke Halaman Asli

Halima Maysaroh

TERVERIFIKASI

PNS at SMP PGRI Mako

Ramadan di Masa Kecil: Antara Kenangan yang tak Lekang dan Kenyataan yang Ditelan Zaman

Diperbarui: 2 April 2023   07:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi, edited by canva

Setiap tahun di Bulan Ramadan pasti menyisakan pengalaman-pengalaman tertentu. Ada pengalaman yang menjadi rutinitas saat Ramadan, ada pula pengalaman yang khusus dan hanya terjadi sekali saja. Sebenarnya serba-serbi Ramadan tetap istimewa di setiap tahunnya dari masa kecil hingga kini. Hanya saja, ada beberapa kenangan yang kenyataannya telah hilang digerus zaman.

Untuk kenangan-kenangan yang sekarang sudah tidak dapat disaksikan lagi eksistensinya, terkadang sangat dirindukan. Mengingat-ingat kembali kenangan tersebut dan mencari referensi di internet untuk mengobati rasa rindu momen Ramadan masa kecil. Saya sendiri tidak memiliki dokumentasi pribadi berupa foto dan video saat momen-momen Ramadan masa kecil yang sewaktu-waktu dapat ditilik kembali.

Suara Dulag di Musalah Selama Bulan Ramadan

Dulag berasal dari Bahasa Sunda yang artinya menabuh bedug dengan irama. Zaman saya kecil, tahun 90an, suara tabuhan bedug berirama atau dulag bertalu-talu sepanjang Bulan Ramadan. Mungkin di sebagian daerah masih ada hingga sekarang, tetapi saya sudah tidak pernah mendengarnya lagi di tempat saya tinggal.

Dulu, setiap selesai sahur, setelah duhur, setelah asar, setelah salat tarawih, suara dulag akan menjadi suara paling ramah menyapa. Sesederhana bedug ditabuh sudah sangat menyenangkan dan asyik didengar. Mungkin karena zaman dulu belum begitu banyak lahan hiburan.

Suara dulag menjadi ciri khas Bulan Ramadan. Sehabis santap sahur, sambil menunggu azan subuh biasanya dulag bertalu-talu. Yang lebih seru lagi saat selesai salat tarawih, dulag bertalu lagi menandakan salat tarawih telah usai. Beberapa menit ngadulag barulah dilanjutkan dengan tadarus Al Quran.

Jangan samakan dulag dengan musik gembrang-gembreng yang membangunkan sahur. Walau sama-sama berirama tetapi beda jauh hasil musik sederhana yang dihasilkan. Dulag tidak ada suara penyanyinya, jadi jelas berbeda dengan musik dan tabuhan-tabuhan membangunkan sahur yang masih marak hingga kini.

Sangat berharap, saya berkesempatan ke daerah yang masih membudayakan dulag saat Ramadan untuk mengenang masa kecil. Sementara sekarang hanya bisa mendengarkan suara dulag dari kanal yang diakses dengan internet.

Bermain Mercon/Meriam Bambu

Mercon dari bambu dengan suara menggelegar adalah penanda bahwa Ramadan sedang berlangsung. Kenangan mercon bambu salah satu kenangan masa kecil yang sudah digeser oleh petasan dan kembang api.

Zaman kecil, setiap Ramadan selalu dibuatkan mercon bambu untuk bermain di siang hari. Hanya modal minyak tanah, sudah bisa bermain mercon sepanjang hari. Dor! Lalu tertawa-tawa bersama teman sebaya.

Pamor mercon bambu yang aslinya super seru itu telah diambil alih oleh kembang api dan petasan yang harganya sekali meletus puluhan ribu melayang. Padahal dulu dengan mercon bambu bisa ratusan kali meledak hanya dengan beberapa ruas bambu dan minyak tanah sekaleng susu kental manis.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline