Lihat ke Halaman Asli

Antara Resesi Ekonomi dan Kesadaran diri Era Pandemi

Diperbarui: 18 Agustus 2020   11:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Dalam menghadapi wabah Covid-19 yang sedang berlangsung saat ini banyak kendala serta masalah yang harus kita hadapi. Setiap aturan di terapkan untuk menekan semakin meningkatnya angka positif Covid-19, dengan mengutamakan protokol kesehatan seperti menjaga jarak satu sama lain, dan penggunaan masker.

Protokol kesehatan di buat dengan tujuan untuk mencegah masing-masing dari kita terjangkit Covid-19 atau menularkannya ke orang lain. Dengan mematuhi protokol kesehatan kita telah membantu menekan meningkatnya angka positif Covid-19. Untuk mematuhi protokol kesehatan di butuhkan kesadaran diri yang tinggi setiap orangnya, karena kesadaran diri berasal dari dalam diri dan memiliki persepsi yang jelas tentang kepribadian kita, termasuk pikiran kita, kepercayaan, emosi, kekuatan, kelemahan dan motivasi.

Perlu kita ketahui sebelumnya virus ini merupakan virus yang sangat berbahaya, menjangkit semua orang tanpa pandang bulu, dan penularannya hampir merata ke seluruh dunia dan mengguncang seluruh sektor kehidupan, seperti pendidikan dan ekonomi.

Pada sektor pendidikan, seluruh kegiatan dilakukan secara daring atau dalam jaringan tanpa ada pertemuan tatap muka, tak jarang banyak dari peserta didik, serta orang tua peserta didik merasa keberatan dengan di jalankan nya pembelajaran secara daring, selain dari pengeluaran yang lebih besar di bandingkan dengan pembelajaran tatap muka seperti anggaran untuk membeli alat elektronik, dan paket data yang cukup besar. Hasil dari pembelajaran secara daring juga di nilia kurang efisien dan tidak seoptimal saat melakukan pembelajaran tatap muka.

Sedangkan pada sektor ekonomi banyak dari negara-negara di dunia yang mengalami resesi, resesi merupakan penurunan, kemerosotan produk domestik bruto atau ketika pertumbuhan ekonomi rill bernilai negatif selama dua kuartal lebih dalam satu tahun, sedangkan resesi ekonomi yang berlangsung lama di sebut depresi ekonomi. 

Saat ini sangat banyak negara maju dengan ekonomi kuat seperti Amerika Serikat, Jerman, Jepang, Singapura dan masih banyak negara lain yang memiliki kekuatan ekonomi yang besar terjatuh pada jurang resesi. Saat ini Indonesia sedang dalam bayangan resesi yang sedang melanda dunia. 

Resesi terakhir kali yang di alami Indonesia pada tahun 1998 saat masa Orde Baru. Hal ini tentu saja menakutkan bagi seluruh masyarakat Indonesia karena pasti akan mempengaruhi seluruh masyarakat pada bayang-bayang krisis moneter yang telah di lalui lebih dari dua dekade yang lalu. Kemerosotan ekonomi yang sedang mengahntui Indonesia saat ini perlu kita cegah bersama agar masing-masing dari kita tidak terimbas dari dampak resesi yang berlangsung.

Resesi ekonomi memiliki dampak buruk seperti hilangnya mata pencarian dan meningkatnya angka kemiskinan di suatu negara, hilangnya mata pencarian atau lowongan pekerjaan dan meningkatnya angka kemiskinan dapat mengganggu seluruh sektor kehidupan, dapat meningkatkan angka kejahatan dan semakin banyak masyarakat yang kelaparan karena kehilangan pekerjaan dan kemiskinan yang melanda.

Mulai saat ini kita harus menyadari betapa pentingnya menjaga diri untuk menhindari diri kita dan orang lain agar perkembangan Covid-19 tidak semakin meresahkan banyak orang dan memperpanjang bencana yang melanda bumi kita. Mematuhi protokol kesehatan akan membantu kehidupan kita semua agar segera terlepas dari Covid-19 dan semua dampak negatif nya.

Tidak terlepas dari protokol kesehatan, yang lebih penting adalah menjaga imunitas tubuh agar tetap stabil dan kuat menjalani kehidupan sehari-hari. Sistem imun atau sistem kekebalan adalah sel-sel dan banyak struktur biologis lainnya yang bertanggung jawab atas imunitas, atau singkatnya adalah pertahanan pada organisme untuk melindungi diri dari pengaruh biologis luar. Akan semakin bagus apabila seseorang memiliki imunitas tubuh yang kuat agar diri kita tidak mudah terjangkit virus atau penyakit dari luar termasuk Covid-19.

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh dari melakukan olahraga rutin baik itu gym,jalan santai atau berlari, bersepeda dan banyak lagi. Selain berolahraga rutin menjaga kebersihan diri juga penting karena tak jarang dari  kita lalai dalam menjaga kebersihan diri sendiri. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline