Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering kali berinteraksi dengan berbagai tipe orang, termasuk orang yang suka menyalahkan orang lain atas masalah atau kesalahan yang terjadi.
Kebiasaan ini dapat mengganggu hubungan personal maupun profesional, dan dapat mempengaruhi kesehatan emosional kita.
Lantas apa yang harus kita lakukan ketika berhadapan dengan tipe orang seperti itu? Bagaimana sebaiknya kita menyikapinya?
Lewat artikel ini, mari ketahui cara terbaik untuk menghadapi orang yang suka menyalahkan dengan bijaksana sehingga kesehatan emosional kita tetap terjaga.
Berikut cara dan tips yang bisa dilakukan.
1. Hindari Membiarkan Emosi Mendominasi
Langkah pertama yang perlu diingat ketika menghadapi orang yang suka menyalahkan adalah tetap tenang dan jangan terpancing untuk membalas mereka.
Kadang-kadang, perilaku mereka mungkin lebih berkaitan dengan perasaan dan kondisi mereka sendiri dari pada dengan tindakan kamu. Cobalah untuk tetap tenang dan hindari membiarkan emosi mendominasi tanggapanmu.
2. Bersikap Empati
Berusaha memahami perspektif orang yang menyalahkan dapat membantu kita meredakan ketegangan dalam interaksi. Cobalah untuk melihat dari sudut pandang mereka.