Lihat ke Halaman Asli

Prinsip yang Diterapkan Ketika Ingin Menumbuhkan Rasa Ingin Tahu pada Anak Ala Gentle Discipline

Diperbarui: 16 Desember 2023   12:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pexels

Seperti yang kita ketahui, sikap ingin tahu merupakan faktor penting dalam proses belajar. Dengan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi akan menimbulkan keinginan untuk belajar lebih banyak. 

Rasa ingin tahu harus dikembangkan sejak dini agar menjadi suatu kebiasaan yang akan mendukung proses belajarnya di masa depan. 

Lalu, bagaimana kah cara menumbuhkan rasa ingin tahu pada anak ala Gentle Discipline? Sebelum menumbuhkan rasa ingin tahu tersebut, terlebih dulu kita harus memahami 5 prinsip yang akan menjadi modal dalam upaya kita dan anak.

Melalui buku Gentle Discipline, Sarah Ockwell Smith memberikan panduan mengenai 5 prinsip yang dapat membantu orang tua menumbuhkan rasa ingin tahu pada anak. Pada artikel ini, saya akan coba menjelaskan setiap prinsip, agar orang tua dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

 5 Prinsip yang  Membantu Orang Tua untuk Menumbuhkan Rasa Ingin Tahu Anak

 1. Ikuti Kemauan Anak


Sejak dini, melibatkan anak dalam pengambilan keputusan, seperti rencana liburan atau aktivitas keluarga, adalah langkah pertama menumbuhkan rasa ingin tahu. Meskipun bukan berarti bersifat permisif, mengikuti kemauan anak memberikan mereka kesempatan untuk belajar melalui pengalaman langsung.

 Sebagai contoh, ketika merencanakan liburan, beri anak kesempatan untuk memilih tempat yang ingin dikunjungi, memupuk rasa ingin tahu mereka tentang lokasi tersebut.

2. Mendorong Pembelajaran yang Melibatkan Tangan


Anak-anak cenderung belajar lebih baik melalui pengalaman langsung. Mendorong mereka untuk menyentuh, mendengar, merasakan, dan melihat objek di sekitar mereka merupakan cara efektif untuk menumbuhkan rasa ingin tahu. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline