Lihat ke Halaman Asli

Anisa

bismillah

Layanan Server Hosting Terbaik di Masa Pandemi Covid-19

Diperbarui: 30 April 2020   11:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

q9.com

Hi, Assalamualaikum ....

Bagaimana keadaan rekan- rekan semua dalam kondisi Pandemi ini ? Mudah-mudahan kita semua senantiasa dalam keadaan sehat walafiat dan tetap semangat menghadapi situasi ini. Kali ini aku mau bahas sedikit tentang server, mungkin rekan-rekan dunia IT sudah cukup banyak mengetahui mengenai hal ini, mungkin bahkan jauh lebih paham, akan tetapi tidak ada salahnya kalau kita merefresh kembali  apa saja jenis server bagi para pelaku dan pemilik industri.

Selama ini mungkin server itu identik mahal, ribet, makan tempat banyak, dsb. Beberapa Kendala tersebut membuat para pelaku industri berfikir ulang di dalam membangun server mereka sendiri. Seiring dengan perkembangan zaman, sekarang sudah ada layanan Pihak Ketiga untuk mengatasi masalah mengenai server tersebut terutama dalam situasi saat pandemi seperti sekarang ini. Layanan pihak ketiga sangat membantu sekali bagi para pelaku industri untuk menekan anggaran mereka. Anyway, Apa saja sih layanan-nya ? Mari kita bahas satu persatu.

COLOCATION SERVER

Yang pertama yaitu layanan dalam bentuk Colocation Server. Apa itu Colocation Server ? Kalau kita artikan secara baku Colocation Server suatu wadah, tempat ataupun wahana, yang biasa di sebut rack, yang diperuntukan untuk menjadi data center dari perusahaan kita sendiri yang penanganan-nya di tangani langsung oleh pihak ketiga.  Keuntungan layanan Colocation Server ini cukup banyak diantaranya adalah rekan-rekan pemilik perusahaan tidak perlu lagi direpotkan mengenai listrik dan koneksi. Selain itu, jika terjadi permasalahan, laporan bisa lebih cepat di terima sehingga apabila terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, rekan- rekan bisa langsung mengambil keputusan untuk di lakukan penanganan.

DEDICATED SERVER

Jenis yang kedua yaitu layanan dalam bentuk Dedicated Server. Sebenarnya dari fungsi utamanya tidak berbeda jauh dengan jenis layanan Colocation Server, yang membedakan hanyalah bahwa layanan jenis ini biasa digunakan oleh Perusahaan berskala besar yang memang membutuhkan server dengan kebutuhan data yang besar juga. Karena dalam praktiknya beberapa Perusahaan yang berskala besar tersebut membutuhkan jenis layanan ini, dikarenakan jumlah data yang melampaui kebutuhan dari perusahaan lain . Oleh karena itu mereka membutuhkan server khusus (Dedicated) untuk bisa mengakomodasi hal ini.

Terus apakah ada Perbedaan antara Colocation Server dan Dedicated Server ? Tentunya pasti ada dong. Jadi perbedaan antara Colocation Server dan Dedicated Server hanya terletak di server fisik, untuk Dedicated Server server fisik sudah di sediakan oleh provider atau pihak ketiga  dan untuk Colocation dimana perusahaan menitipkan server miliknya di data center pihak ketiga. Selain itu, terdapat juga perbedaan harga, ini mungkin hal utama juga yang harus di pertimbangkan, tentunya layanan Dedicated Server lebih mahal dibandingkan dengan layanan Colocation Server. Akan tetapi jauh lebih murah dibandingkan dengan rekan-rekan membangun server sendiri, So ? Pastikan kebutuhan dari rekan-rekan sekalian sebelum memutuskan ya.

Hosting

Untuk yang ketiga ada jenis yang dinamakan dengan Hosting. Nah, untuk jenis ketiga ini cukup berbeda jauh dengan dua jenis sebelumnya. Hosting ini adalah suatu jenis layanan yang di peruntukan khusus untuk pengguna dalam konteks website, yang di mana rekan-rekan sekalian bisa menyimpan file seperti email, teks, aplikasi, program, gambar, dan juga berbagai fungsi lain yang masih terkait dengan feature dari website yang rekan-rekan miliki.

Jadi apabila rekan-rekan sekalian tidak mau repot didalam mengelola website dari perusahaan milik rekan-rekan sekalian, bisa mengambil jenis layanan ini, tinggal nanti dikordinasikan dengan pihak penyedia jasa layanan tersebut. Atau mungkin bagi rekan-rekan sekalian yang belum memiliki atau baru mau berencana untuk membangun website perusahaannya, juga bisa menggunakan jenis layanan ini. Bahkan beberapa pihak ketiga menerima layanan untuk mendesain dari awal website yang diinginkan sesuai dengan arahan.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak perusahaan yang menawarkan jasa colocation atau istilahnya sewa rack, dedicated atau sewa server dan hosting . Namun, rekan-rekan semua tetap harus jeli didalam memilih penyedia jasa layanan tersebut, pastikan bahwa penyedia jasa tersebut memiliki keamanan data center yang terbaik seperti contohnya provider Rackh Lintas Asia mereka menawarkan produk yang aku sebutkan di atas. Hal lain yang juga harus diperhatikan juga didalam memilih penyedia jasa layanan tersebut diantaranya yaitu, data center tersebut juga harus relatif aman dari bencana, memiliki listrik yang stabil, pelayanan 24 jam, serta layanan penting lainnya yang mungkin bisa berbeda-beda antar para penyedia jasa layanan.

Tertarik untuk mencobanya?

Dok. pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline