Lihat ke Halaman Asli

Haliza Chafifatun Nisa

haliza chafifah

Mahasiswa KKM 219 UIN Malang Jalin Silaturahmi ke Masyarakat Genderan, Desa Sukodadi

Diperbarui: 5 Februari 2024   08:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Genderan, sukodadi/dokpri

Desa Sukodadi, 21 Desember 2023 - Silaturahmi sudah menjadi kegiatan penting bagi mahasiswa yang melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk membangun sekaligus mempererat relasi yang baik demi kelancaran tujuan KKM. Melalui kegiatan ini, mahasiswa juga berkesempatan untuk memahami lebih dalam tentang tata kelola desa, peran serta tantangan yang dihadapi oleh perangkat desa dalam memajukan dan mengelola wilayahnya.

Kunjungan ini diawali dengan sesi perkenalan yang hangat antara mahasiswa KKN dan perangkat desa. Dalam sesi dialog, mahasiswa KKN kelompok 219 menyampaiakan tujuan beserta program kerja yang akan dilaksanakan selama periode berlangasung. Mahasiswa juga menerima berbagai masukan dari perangkat desa terkait program yang paling dibutuhkan oleh masyarakat.

Di hari berikutnya, kunjungan dilanjutkan ke beberapa perangkat desa yang berhubungan dengan kegiatan keagamaan, mahasiswa kelompok 219 mengunjungi pengurus TPQ untuk membicarakan terkait perizinan serta bagaimana gambaran pembelajaran di TPQ Raudhatul Ulum. Pengurus TPQ Roudlotul Ulum dengan baik memberikan respon berupa saran yang dapat membantu proses pembelajaran nantinya. Kunjungan dilanjutkan ke rumah takmir masjid untuk menyampaikan usulan program mengaji one day one juz yang akan dilaksanakan setiap hari.

Selain pembahasan program kerja, pertemuan ini juga menjadi ajang diskusi dan tukar pikiran antara mahasiswa dan perangkat desa mengenai kebutuhan dan harapan masyarakat setempat. Hal ini menunjukkan komitmen kedua belah pihak untuk bekerja sama dan bersinergi dalam mencapai tujuan pembangunan yang berkelanjutan di Desa Sukodadi.

Kunjungan ini menandai dimulainya serangkaian aktivitas KKN kelompok 219 di Desa Sukodadi, yang diharapkan akan membawa perubahan positif dan membantu dalam memajukan desa.

Kegiatan silaturahmi ini tidak hanya menjadi ajang perkenalan, tetapi juga sebagai langkah awal pembangunan hubungan yang harmonis antara mahasiswa dan masyarakat Desa Sukodadi. Diharapkan melalui kegiatan ini, mahasiswa KKM kelompok 219 dapat memberikan dampak positif dan membantu mewujudkan kemajuan bagi Desa Sukodadi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline