Lihat ke Halaman Asli

Abdul Khalim Mubaroq

Mahasiswa Universitas Aisyiyah Yogyakarta Ilmu Komunikasi

Presentase Penduduk Indonesia yang Berpendidikan

Diperbarui: 1 Desember 2023   17:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendidikan merupakan pilar utama dalam pembangunan suatu bangsa, menjadi kunci untuk mewujudkan potensi masyarakat dan mencapai kemajuan yang berkelanjutan, Ditengah dinamika perubahan global sistem pendidikan di Indonesia memainkan peran sentral dalam membentuk karakter dan keterampilan generasi muda, sehingga dapat menghadapi tantangan tantangan zaman dengan sukses. Meskipun telah mencapai kemajuan, sistem pendidikan di Indonesia tetap dihadapkan pada sejumlah tantangan, Tantangan aksebilitas, ketidaksetaraan, serta kualitas pendidikan menjadi fokus utama yang terus di upayakan untuk diatasi demi menciptakan masyarakat yang berpengetahuan dan berdaya saing.

Pemerintah Indonesia terus menerapkan berbagai program dan kebijakan untuk meningkatkan kualitas dan relevansi pendidikan. Fokus pada pengembangan kualitas guru, revisi kurikulum, dan penguatan infrastruktur pendidikan menjadi langkah-langkah strategis yang diambil untuk merespons dinamika perubahan global. Pendidikan di Indonesia tidak hanya berkaitan dengan peningkatan kapasitas individu, tetapi juga mengintegrasikan nilai-nilai pembangunan berkelanjutan. Pendidikan diarahkan untuk menciptakan warga negara yang memiliki kesadaran lingkungan, kritis, dan mampu berkontribusi pada pembangunan masyarakat dan bangsa secara keseluruhan.

Langkah-langkah yang diambil pemerintah salah satunya adalah dengan memberikan harapan sekolah kepada warganya, mulai dari jenjang pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi.

No,

Nama

Nilai/Persen

1.

Perguruan Tinggi

10,15

2.

SMA/Sederajat

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline