Lihat ke Halaman Asli

Implementasi Polri Presisi

Diperbarui: 4 Agustus 2024   18:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Gambar : Biro SDM Polda Sumsel

Implementasi Polri Presisi: Inovasi Berbasis Teknologi Terintegrasi, Modern, Mudah, Dan Cepat Pada Polda Sumatera Selatan

By: Halimatus syakdiah

 

Palembang, Sumatera Selatan - Budaya organisasi yang saat ini diimplementasikan oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri) adalah PRESISI. Budaya organisasi PRESISI yang diusung Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dinilai positif oleh berbagai pihak.

Tugas utama Kepolisian adalah senantiasa memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum serta melindungi, mengayomi masyarakat, dan melayani masyarakat dengan mengindahkan kearifan lokal dalam budaya Indonesia. Dengan tatakrama yang baik sesuai dengan norma atau aturan dan nilai yang disepakati bersama (Brata et al, 2022).

Berdasarkan survey dari Litbang Kompas (2022), menyatakan bahwa  58,3 persen responden menyatakan tindakan polisi sudah sesuai dengen budaya organisasi yang mereka usung yaitu PRESISI. Namun terdapat 28,6 persen responden yang menyatakan tindakan polisi belum sesuai dengan budaya organisasi PRESISI.

Harapan masyarakat terhadap polisi sangat tinggi, sehingga dituntut sosok polisi yang gigih namun humanis, polisi yang mampu memberikan pelayanan terbaik, cepat, dan transparan (Sakinah et al., 2020; Hawari et al., 2021; Brata  et  al., 2022). Dalam konsep PRESISI terdapat pencegahan atau prediktif yang perlu dilakukan dalam upaya pencegahan kejahatan. Konsep PRESISI menekankan bahwa kepolisian memang harus cepat tanggap untuk menangani kasus hukum terkait dengan ketertiban dan keamanan di masyarakat (Duha, 2022). Dengan era 4.0 penggunaan teknologi informasi dapat membantu kepolisian untuk cepat merespons dan segera menangani segala bentuk laporan yang masuk (Wibowo & Pratomo, 2021).

PRESISI Polri menyediakan fitur-fitur layanan publik online agar memudahkan masyarakat yang membutuhkannya. Fitur-fitur layanan publik online yang disediakan PRESISI Polri adalah sebagai berikut: SKCK (Pembuatan SKCK online); SIM (Pembuatan SIM baru dan perpanjangan SIM online); KTA Satpam (Pembuatan Kartu keanggotaan Satpam online); SP2HP (Layanan informasi perkembangan perkara); E-Tilang (Layanan pengurusan tilang online); Pajak Kendaraan (Layanan pajak kendaraan online); Izin Keramaian (Layanan perizinan untuk pengadaan acara yang melibatkan orang banyak); PROPAM/DUMAS (Layanan Pengaduan Online); Izin Senjata Api (Perijinan untuk kepemilikan senjata api); dan 110 (Layanan call center kepolisian untuk pengaduan masyarakat).  Selain fitur-fitur layanan publik diatas, PRESISI juga menyediakan fitur informasi tentang kepolisian untuk masyarakat umum, seperti : Museum Polri (Informasi tentang sejarah kepolisian RI); TV/Radio Polri (Informasi kepolisian digital yang diselingi hiburan aktif); Lokasi Rawan (Informasi lokasi-lokasi rawan); dan Pos Kesehatan (Informasi layanan kesehatan). Selain itu, juga tersedia fitur berita/informasi terkini atau trending di masyarakat yang memperluas wawasan kita.

Dalam mengimplementasikan budaya PRESISI Polri selain menggunakan aplikasi PRESISI Polri, Polda Sumatera Selatan juga berinovasi dalam menggunakan teknologi untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada Masyarakat, seperti Sistem Pelayanan Berbasis IT Gerai SDM One Stop Service, Aplikasi Pa'Kepo, dan Aplikasi Siraja Musi. Aplikasi Gerai SDM One Stop Service merupakan aplikasi pelayanan terpadu di bidang Sumber Daya Manusia secara digital yang dapat diakses oleh anggota Polri dan PNS Polri khususnya di lingkungan Polda Sumatera Selatan untuk pelayanan Biro SDM serta masyarakat Provinsi Sumatera Selatan terkait informasi seputar penerimaan anggota Polri.

Hal ini sejalan dengan dibuatnya aplikasi Pa'Kepo. Pa'Kepo adalah sistem informasi untuk penerimaan anggota Polri, baik dari tahapan pengumuman, pendaftaran, berbagai persyaratan, rangkaian waktu penerimaan hingga pengaduan terkait pelayanan penerimaan anggota Polri. Dengan adanya aplikasi ini, masyarakat akan mendapatkan informasi terintegrasi dan lengkap terkait pengumuman penerimaan, persyaratan penerimaan, timeline penerimaan, Media Kepolisian tentang Penerimaan anggota Polri, Gallery kepolisian dalam penerimaan anggota Polri, Forum tanya jawab langsung ke panitia penerimaan anggota Polri, dan bantuan polisi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline