Lihat ke Halaman Asli

Kisah Jokowi dan Anak Pedalaman Papua yang Jago Matematika

Diperbarui: 22 Agustus 2016   13:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Juara Olimpiade Sains asal Papua, Alvionita Kogoya & Ayu Rogi | Foto: Mata Najwa - MetroTV

Presiden Joko Widodo pada Kamis (18/8) menghadiri acara silaturahmi dengan ratusan tokoh inspirator dan anak berprestasi di Istana Negara. Dari ratusan tamu Istana, ada satu anak perempuan yang mencuri hati Jokowi karena kisah perjuangannya.Anak itu bernama Alvionita Kogoya. Gadis remaja asal Kabupaten Nduga, Papua, yang kini duduk di bangku SMA. Jokowi sendiri yang meminta Alvionita maju ke depan podium, untuk menceritakan kisahnya yang tinggal di pedalaman Papua.

Namun, sebelum gadis itu memulai ceritanya, Jokowi lebih dulu memberi pengantar pada tamu undangan. Presiden menuturkan bahwa ia sudah pernah mengunjungi Kabupaten Nduga, kampung halaman Alvionita. Saat itu, Presiden datang dengan menggunakan helikopter karena memang akses menuju Nduga masih sulit.

"Tidak ada jalan aspal. Benar-benar masih hutan belantara," tutur Presiden.

Alvionita pun membenarkan apa yang disampaikan Jokowi. Kampungnya memang terletak di pedalaman Papua, jauh dari kata modern. Hanya ada dua cara untuk menuju Nduga, yakni dengan naik pesawat kecil dari Wamena, atau jalan kaki. Jika berjalan kaki ke Wamena, harus ditempuh selama 3-4 hari.

"Kemana-mana jalan kaki, belum ada motor, jalan juga enggak ada," tutur gadis tersebut.

Dia melanjutkan, hanya ada satu sekolah di Nduga. Itu pun bangunannya masih kayu, bukan tembok permanen. Menurut Alvionita, lantai sekolahnya masih tanah, tak dilapisi semen, apalagi keramik. Tak hanya soal bangunan fisiknya yang tak memadai, sekolah tersebut juga kekurangan tenaga pengajar. Hanya ada satu guru yang mengajar untuk semua kelas.

Di Nduga juga tak ada rumah sakit. Orang sakit harus jalan minimal tiga hari menuju kota terdekat untuk mendapat perawatan.

Mendengar penuturan Alvionita, Jokowi sempat terdiam sesaat. Kemudian, ia kembali berbicara. Presiden berjanji akan membuka akses jalan bagi masyarakat Nduga. Dia menargetkan, tahun ini sudah ada jalan yang menghubungkan Wamena, Agas, Nduga dan Merauke. "Mudah-mudahan akhir tahun ini dikebut sama Kementerian Pekerjaan Umum dan TNI. Mungkin belum aspal, yang penting terbuka dulu jalannya," ucap Jokowi.

Tak berhenti di situ, Presiden masih penasaran dengan kisah Alvionita yang bisa sampai Istana. Gadis itu pun kembali menuturkan bahwa selepas SD di Nduga, ia melanjutkan sekolah di Surya Institute, Tangerang. Ia beruntung 'ditemukan' oleh orang yang memang tengah mencari bibit-bibit muda unggul di Papua.

Jokowi kembali penasaran, ia ingin tahu prestasi apa yang bisa membawa Alvionita sampai menjadi tamunya di Istana. Gadis berambut pendek itu menuturkan bahwa ia adalah pemenang olimpiade matematika tingkat dunia. Presiden berdecak kagum, tepuk tangan tamu undangan bergemuruh di ruangan tersebut.

Usai acara silaturahmi di Istana, Presiden rupanya kembali memanggil Alvionita. Jokowi meminta gadis itu menceritakan lebih banyak kisah perjuangannya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline