Lihat ke Halaman Asli

Halimah Rachma

Halimah Rachma

Pengalaman Kerja di BKPM

Diperbarui: 21 Agustus 2020   12:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

kurio.id

BKPM adalah Lembaga setingkat kementrian yang bertugas mengurus arus masuk FDI/foreign direct investment baik dari investasi asing maupun dari dalam negri. Usaha itu dibagi jadi dua ya temen temen PMDN dan PMA, PMDN itu perusahaan dari dalam negri, PMA itu dari asing. 

Jadi investasi itu bukan saja dari asing, tapi lokal juga banyak. Pro investasi bukan berarti pro asing.  Kondisi investasi asing dengan Indonesia itu bagaimana si? PMA masih memimpin, tapi bedanya gak jauh , dan keadaan bisa berbalik yaitu perusahaan lokal bisa mengejar asing. Di tahun 2019 investasi asing itu 52,3 % dan investasi local itu 47,7%

Pengalaman berkerja tentu saja penuh dinamika, aku si anak baru, yang kerja di bagian promosi sektoral. Kebetulan, pas aku masuk, mereka lagi handle kerjaan penting dan strategis, yaitu menarik FDI asing yang mau relokasi, utamanya dari China. Karnanya banyak sih! Aku jelasin singkat aja wakaka. 

Banyak perusahaan yang buka pabrik di China. Tentu we can’t deny their power, apa yang mereka punya, beberapa diantaranya adalah supply chain yang terintegrasi, tenaga kerja berlimpah, insentif dari pemerintah yang pro investasi, dan kepastian berusaha, hal ini karna negara mereka yang komunis, jadi ya perizinan itu satu pintu (selesein dipusat aja).  

Namun adanya Covid-19, membuka mata para pemilik perusahaan asing. Pada saat covid terjadi, beberapa perusahaan yang punya pabrik di China, terpaksa untuk berhenti produksi untuk sementara waktu. Nah ini bikin perusahaan jadi berfikir untuk mengelola resiko, sebar resiko. Don’t put your eggs in one basket, and if you are, boam u will be in risk!

 Gitu intinya jadi perusahaan harus sebar resiko, akhirnya beberapa perusahaan banyak yang mau relokasi pabrik karna hal ini. Salah satunya negara tujuan, negara kita, Indonesia. Tentu persaingannya kompetitif, karna ada negara lain yang perlu diperhitungkan seperti India, Thailand, dan Vietnam (ini sih tiga terkuat, menurutku).

Kerjaanku.. yang menurut ku seru itu kalo bikin materi paparan, aku jadi mikir. Hahahha. Aku ngerasa kalo aku bikin materi, aku jadi bisa kenalan lebih dalam dengan Indonesia. Aku jadi paham, Indonesia itu negara besar, market terbesar ke-4 loh di dunia. Sumber daya alam, kita kaya sekali. Sebut komoditas penting yang gak ada di Indonesia, (susah kan, hahaha). 

Pertanian, perkebunan, minyak dan gas, Alhamdulillah kita punya, Makmur deh, uda banyak banget. Gak heran kalo VOC dulu menguasai Indonesia, kekayaanya bisa lebih banyak dari perusahaan Apple ditambah Microsoft. Bahkan, banyak investor asing yang berusaha di Indonesia, karna bisa menekan production cost.  

Tapi kelemahan kita itu..

Yang bisa ngolah terbatas

Karna.. mayoritas penduduk Indonesia itu masih rendah pendidikannya

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline