Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabaarakatuh.
Izinkan saya berbagi tentang pemahaman saya mengenai Merdeka Mengajar.
Koneksi Antarmateri Modul 1.1, Modul 1.2, dan Modul 1.3, Modul 1.4, Modul 2.1
Filosofi Pemikiran KHD, Nilai dan Peran Guru Penggerak, Visi Perubahan Guru Penggerak, Budaya Positif, dan Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid melalui Pembelajaran Berdiferensiasi
Filosofi Pemikiran Ki Hajar Dewantara
Banyak hal yang saya dapatkan setelah mempelajari filosofi pemikiran Ki Hajar Dewantara dalam kaitannya dengan Guru Penggerak yang saya ikuti sekarang.
Hal penting yang saya ingat ketika pertama kali saya masuk ke kelas setelah mempelajari filosofi ini dari fasilitator dan pengajar praktik ketika lokakarya adalah tentang tugas seorang pendidik yang harus menuntun murid-muridnya menuju keselamatan dan kebahagiaan. Seorang pendidik perlu menghamba kepada murid agar pembelajaran yang diberikannya membawa manfaat dalam kehidupannya kelak. Pendidik diibaratkan seperti seorang petani atau tukang kebun yang senantiasa melayani kebutuhan murid-muridnya.
Nilai dan Peran Guru Penggerak
Seorang pendidik harus memiliki nilai-nilai sebagai guru penggerak untuk dapat menggerakan murid-muridnya. Berpihak pada murid, inovatif, reflektif, kolaboratif, dan mandiri. Nilai-nilai ini perlu dimiliki dalam rangka menuntun murid-muridnya.
Selain nilai-nilai, seorang guru penggerak pun perlu memiliki peran sebagai guru penggerak. Menjadi pemimpin pembelajaran, menjadi coach bagi guru lain, mewujudkan kepemimpinan murid, pendorong kolaborasi, dan penggerakan komunitas praktisi di sekolah.
Dengan nilai dan peran ini, pendidik dapat lebih percaya diri dalam menggerakan murid untuk memiliki karakter pelajar pancasila, teman sejawat untuk menerapkan filosofi pemikiran KHD, dan institusi pendidikan untuk bergerak bersama.