Lihat ke Halaman Asli

Halimah Rose

Hidup akan lebih indah jika bermanfaat untuk orang lain

Merdeka Mengajar: Koneksi antarmateri Pemikiran KHD hingga Pembelajaran Berdiferensiasi

Diperbarui: 10 September 2022   20:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabaarakatuh.

Izinkan saya berbagi tentang pemahaman saya mengenai Merdeka Mengajar.

Koneksi Antarmateri Modul 1.1, Modul 1.2, dan Modul 1.3, Modul 1.4, Modul 2.1

Filosofi Pemikiran KHD, Nilai dan Peran Guru Penggerak, Visi Perubahan Guru Penggerak, Budaya Positif, dan Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid melalui Pembelajaran Berdiferensiasi

Filosofi Pemikiran Ki Hajar Dewantara

Banyak hal yang saya dapatkan setelah mempelajari filosofi pemikiran Ki Hajar Dewantara dalam kaitannya dengan Guru Penggerak yang saya ikuti sekarang.

Hal penting yang saya ingat ketika pertama kali saya masuk ke kelas setelah mempelajari filosofi ini dari fasilitator dan pengajar praktik ketika lokakarya adalah tentang tugas seorang pendidik yang harus menuntun murid-muridnya menuju keselamatan dan kebahagiaan. Seorang pendidik perlu menghamba kepada murid agar pembelajaran yang diberikannya membawa manfaat dalam kehidupannya kelak. Pendidik diibaratkan seperti seorang petani atau tukang kebun yang senantiasa melayani kebutuhan murid-muridnya.

Nilai dan Peran Guru Penggerak

Seorang pendidik harus memiliki nilai-nilai sebagai guru penggerak untuk dapat menggerakan murid-muridnya.  Berpihak pada murid, inovatif, reflektif, kolaboratif, dan mandiri. Nilai-nilai ini perlu dimiliki dalam rangka menuntun murid-muridnya.

Selain nilai-nilai, seorang guru penggerak  pun perlu memiliki peran  sebagai guru penggerak. Menjadi pemimpin pembelajaran, menjadi coach bagi guru lain, mewujudkan kepemimpinan murid, pendorong kolaborasi, dan penggerakan komunitas praktisi di sekolah.

Dengan nilai dan peran ini, pendidik  dapat lebih percaya diri dalam menggerakan murid untuk memiliki karakter pelajar pancasila, teman sejawat untuk menerapkan filosofi pemikiran KHD,  dan institusi pendidikan untuk bergerak bersama.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline