Lihat ke Halaman Asli

Halimah

Writer

Contoh Soal SJT PPPK Guru Tahun 2024-2025 Beserta Kunci Jawaban

Diperbarui: 14 Januari 2024   20:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

didesain melalui canva

Dalam seleksi PPPK Guru terdapat 4 macam yaitu Teknis, Manajerial, Sosiokultural dan Wawancara. Pada SJT masuk dalam kategori soal Teknis dimana mendalami pada bidang yang diampu oleh guru. Soal SJT (Situational Judgement Test) membahas bagaimana perilaku seorang guru dan tindakan yang dilakukan di suatu kelas.

Berikut contoh soal SJT:

1.  Berdasarkan instrospeksi dan pendapat teman sesama guru, pribadi yang mencerminkan saya adalah...

a. Orang yang suit untuk mengapresiasi perbedaan cara siswa dalam menyelesaikan soal karena membuat bingung yang lain

b. Orang yang dapat mengapresiasi perbedaan, namun hanya untuk hal – hal yang dapat dipahaminya saja

c.  Orang yang bisa menyembunyikan pikiran dan perasaan yang tidak senang terhadap siswa ketika ada perbedaan dalam menilai sesuatu

d.  Orang yang dapat mengapresiasi keberagaman dan memiliki kebenaran untuk berpendapat untuk sikap perilaku yang tidak toleran

e.   Orang yang terbuka dengan masukan atas prinsip dan keyakiran diri, serta siap mengupayakan kompromi dengan orang lain

2. Seorang guru menegur salah satu siswa saat mata pelajaran sedang berlangsung karena ia tidak mendengarkan penjelasan dari guru dan malah bermain handphone. Pernyataan yang patut digunakan guru untuk siswa tersebut adalah...

a. “sini berikan kepada saya handphone, kamu ini waktunya pelajaran malah bermain handphone sendiri”

b. “kamu sedang melakukan apa dengan handphone itu? Ayo dimatikan dan segera fokus pada penjelasan pelajaran ini”

c. “tolong disimpan dulu handphone nya, saat ini sedang pelajaran. Kamu dapat menggunakan nya nanti pada jam istirahat atau setelah pulang sekolah”

d. “berikan handphonenya ke saya. Kamu tidak menghargai guru, jika tidak ingin mengikuti pelajaran silakan keluar dari kelas”

e. “tanpa pernyataan seraya merampas handphone siswa sambil terus menjelaskan pelajaran”


3.           Di sekolah Anda mengajar mayoritas siswa beragama islam, namun ada juga yang beragama non islam. Ketika memasuki bulan ramadhan. Anda mendapati siswa non muslim yang sedang makan di depan kelas ketika teman – teman yang lain sedang menjalankan ibdah puasa. Sebagai seorang guru apa yang Anda lakukan untuk menyikapi hal tersebut?

a. Menasehati siswa agar tidak makan di depan kelas selama bulan ramadhan demi menghormati yang berpuasa

b. Kesuanya memiliki haknya masing – masing, boleh berbuat sesuai keyakinkannya

c. Menasehatinya siswa yang sedang puasa ramadhan, bahwa makan dimanapun itu hak mereka

d. Meminta siswa tersebut untuk makan di tempat yang sepi agar tidak kelihatan teman –temannya yang sedang berpuasa

e. Tidak peduli dengan tindakan yang dilakukan siswa tersebut

4. R adalah siswa kelas VI SD yang pintar dan sangat rajin menolong. Ayah R sudah meninggal dan ibunya mencari nafkah sebagai pedagang kue untuk menycukupi kebutuhan anak – anaknya. Seringkali R tidak masuk sekolah, karena harus membantu ibunya berjualan. Sebagai guru R, yang sebaiknya Anda lakukan adalah...

a. Memeberikan yang sebagai bantuan secara sukarela setiap bulannya

b. Memperbolehkan R untuk sesekali tidak masuk sekolah karena memberi kesempatan untuk R belajar menolong orang tua dan bekerja

c. Tetap tidak memperbolehkan R untuk absen dan mengajak teman – teman guru lain untuk membantu keuangannya

d. Memberikan penjelasan pada R arti penting dan aturan sekolah, serta mengarahkan apa yang sebaiknya dilakukan

e. Memberikan penjelasan pada R dan ibunya tentang arti penting dan aturan sekolah serta mendiskusikan bersama tentang masalah yang dihadapi

5. Seorang guru mendapati beberapa siswa yang belum selesai mengumpulkan tugas pada tenggang waktu yang telah diberikan dikarenakan banyaknya tugas yang menumpuk dari mata pelajaran lain, jika seandainya Anda sebagai guru apa yang Anda lakukan ?

a. Memberikan fasilitas untuk berdiskusi dan mengajarkan pada siswa tentang bagaimana cara mengatur waktu dengan baik serta bertanggung jawab pada tugas yang diberikan

b. Mendorong siswa untuk segeramenyelesaikan tugas secara maksimal dengan menyampaikan perkembangan siswa yang sudah dan belum mengumpulkan

c. Memberikan toleransi tambahan waktu agar siswa yang belum mengumpulkan tugas dapat menyelesaikan tugasnya

d. Tetap meminta tugas yang telah diberikan dengan sanksi nilai sesuai dengan tugas yang dikerjakan sebagai upaya untuk memberikan efek jera pada siswa

e. Menolak tugas yang dikumpulkan melewati batas waktu agar tidak mengingkari kesepakatan yang sudah disepakati

Kunci Jawaban:

1. Kunci Jawaban E

Kepribadian = Menampilkan dirisebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa.

2. Kunci Jawaban C

Kompetensi Sosial = Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan Masyarakat

3. Kunci Jawaban A

K. Sosial = Bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi.

4. Kunci Jawaban E

Kompetensi Sosial = Berkomunikasisecara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan Masyarakat

5. Kunci Jawaban C

K. Sosial = Bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline