Lihat ke Halaman Asli

Kuota Selangit, Rakyat Menjerit dan Hacker pun Bangkit

Diperbarui: 30 April 2017   10:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

kartu paket internet (sumber gambar: OLX)

Pada Negara-negara berkembang atau Negara maju seorang hacker meningkat dan memiliki kemampuan diatas rata-rata dalam penggunaan situs web. Jika salah seorang perusahaan yang mempunyai fitur/aplikasi dalam menunjang dan meningkatkan perangkat softwarenya tetapi dapat di tembus oleh hacker maka kemampuan keamanannya masih belum kuat. 

Di Negara Israel ada salah seorang hacker yang mampu meretas situs keamanan yang ada di sana, bahkan hampir semua situsnya dapat di retas. Tetapi dengan demikian walaupun hacker di Israel itu meretas hampir semua situs pemerintahan, pihak Israel menawarkan dirinya untuk bekerja pada pemerintah Israel dan dibebaskan dari segala tuntutan dan penjara. Berbeda dengan Negara Indonesia. 

Para hacker mampu meretas situs pemerintahan malah di penjarakan. Dan kemampuan yang dimilikinya tidak dapat di kembangkan. Seharusnya potensi diri yang dimiliki hacker harus di kembangkan mengingat situs yang ada telah dapat ia bobol dengan mudahnya.

Di era saat ini harga kuota yang terus melambung tinggi. Terkhususnya untuk para pelanggan penggunaan kartu telkomsel. Ini menjadi beban  bagi masyarakat baik itu masyarakat bawah dan masyarakat menengah. Walaupun pada saat ini masyarakat di dorong dengan terus meroketnya harga-harga pangan untuk kebutuhan sehari-hari, ditambah lagi dengan naiknya harga paket internet terutama telkomsel, yang mana telkomsel ini mempunyai jaringan yang terjangkau dimana-mana dan juga merupakan perusahaan yang telah ada sejak dulu . Pada tanggal 28 april 2017 salah seorang hacker telah meretas halaman depan situs milik telkomsel. 

Tujuan hacker meretas halaman depan milik telkomsel adalah menyampaikan aspirasi rakyat mengenai harga paket internet yang bisa di bilang pada tiap bulanya terus menaik dan berubah-ubah baik itu yang 3G/4G. Cyber Crime/Hacker pada saat ini semakin banyak sekali hari semakin berkembang terutama untuk di Indonesia ini. Perlu adanya keamanan yang khusus dan juga ketat dalam pengelolaan situs web dan media sosial laninya.

Jika para pengguna internet telkomsel mengakses *363# banyak sekali menu-menu yang ditawarkan seperti hot offer, flash regular, videomax, flash 4G, musicmax, smartphone/TAU, fb/minixpress/flash gift, dan blackberry. Untuk pilihan flash regular mempunyai beberapa variasi kuota mulai dari paket harian, paket mingguan, dan paket bulanan. Untuk paket harian dari harga 15MB/hari Rp 2.750, 30MB/hari Rp 4.000, dan 45MB/hari Rp 5.500 belum termasuk dengan tarif lokasi yang ditempati. Paket mingguan 75MB/minggu Rp 12.000, 125MB+100MB Rp 19.000 dan 500MB+100MB Rp 43.000  belum termasuk tarif lokasi yang di tempati pula dan paket bulanan yang dapat anda lihat sendiri di *363#.  

Para pelanggan telkomsel masih menganggap paket internet yang ada masih terlalu mahal dan juga harus ada pengurangan harga-harga terhadap paket internet. Internet juga merupakan merupakan kebutuhan pokok manusia karena dalam berinteraksi menggunakan media sosial sangatlah mudah. Seseorang tidak lagi perlu untuk langsung bertemu dengan pasangan interaksinya melainkan dengan PC(Personal Chat) dengan orang yang dituju sudah cukup. Ini adalah kemudahan yang di dapat pada era modern saat ini.

Rieriek Adriansyah yang merupakan direktur utama telkomsel mengungkapkan bahwa untung saja pada saat hacker yang sedang meretas halaman depan milik telkomsel, data pelanggan dengan data telkomsel itu di pisah. Sehingga hacker tidak dapat meretas data-data pribadi dari pelanggan telkomsel. Pada saat peretasan hacker hanya meretas halaman depan milik telkomsel tetapi, itu juga membuat para pihak penanganan situs web telkomsel menjadi agak kewalahan dalam memulihkan halaman depannya. Sehingga kurang dari 24 jam pihak telkomsel mengalami sedikit gangguan dalam pelayanan terhadap pelanggan telkomsel. 

Telkomsel adalah perusahaan terbesar yang ada di Indonesia tetapi walaupun demikian telkomsel memiliki kelemahan dalam penanganan situs yang dimiliki. Peningkatan keamanan yang ada harus terus di kembangkan setiap bulan nya agar hacker sulit untuk meretas situs yang ada pada telkomsel. Dengan kata lain walaupun system keamanan di ubah ataupun di tambah tidak merubah menu-menu yang telah ada sehingga para pelanggan tidak repot atau sulit dalam memilih menu yang sering di kunjungi.

Kebutuhann paket internet sangat di perlukan mengingat baik itu anak-anak, remaja, maupun orang dewasa telah menggunakan internet. Dan juga baik itu pula pendidikan pada persekolahan, perkantoran, dan perusahaan itu semua menggunakan internet dalam menjalankan tugasnya masing-masing. Pengguanaan internet juga membutuhkan kuota yang sangat mahal pula. Walaupun demikian badan pemerintahan/pihak swasta melaksanakan tugasnya masing-masing mereka di biayai oleh badan keuangan perusahaan tersebut. mereka tidak akan merasakan mahalnya penggunaan internet yang dimiliki oleh setiap individu. 

Perlu adanya penurunan sedikit harga dalam paket kuota internet yang ada. Rudiantara adalah seorang menkominfo mengatakan bahwa tarif internet yang telah ada itu tidak dapat di gratiskan mengingat dalam pemeliharaan jaringan juga memerlukan biaya. Oleh sebab itu pihak perusahaan terus saja meningkatkan mutu dan kualitas dalam peningkatan jaringannya. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline