Lihat ke Halaman Asli

E-Commerce di Indonesia

Diperbarui: 18 April 2016   07:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Dalam kegiatan sehari hari seiring dengan perubahan zaman teknologi semakin canggih komputer yang bentuk fisiknya besar dan system yang digunakan juga terbatas sekarang sudah bisa di bawa kemana mana bahkan dalam bentuk mini sekalipun, seperti hanya laptop,tablet dan hp. Semua dipergunakan sesuai kebutuhan manusia,karna kebutuhan manusia itu sangat banyak untuk mempermudah segala urusannya maka tehnologi terus di kembangkan sehingga di temukanlah internet untuk mempermudah manusia dalam berkomunikasi,mencari informasi dll. bahkan sekarang perdaganganpun mulai marak yang melalui dunia virtual ini, system online ini dikenal denganistilah  E-commerce (perdangan elektronik). apa sich e-commerce ini? E-commerce merupakan suatu system untuk penyebaran,pembelian,penjualan,pemasaran barang melalui sistem elektronik. dalam dunia bisnis E-commerce ini di pandang sebagai aplikasi dan penerapan elektronik.dalam perkembangannnya e-commerce di negara kita terbagi dalam 3 bentuk yaitu :

1.Iklan baris ini merupakan perkembangan dari iklan iklan yang biasa ada di kolom koran korang online, bahkan ketika kita membuka aplikasidi mana aplikasi tersebut berbasis internet mesti ada iklan iklan dan ini lah salah satu bentuk e-commerce.

2.Retail salah satu jenis e-commerce di mana sistem jual beli sudah ditetapkan oleh web yang yang bersangkutan.

3.Market place, bisa dianggap sebagai penyedia jasa mall online, namun yang berjualan bukan si pemilik web melain anggota yang mendaftar dalam web tersebut.

Dewasa ini, e-commerce ini juga dikembangkan pada bentuk aplikasi-aplikasi hp android, salah satunya di negara kita adalah go-jek.jadi kalau dulu ketika mau pulang dari tempat kerja,dari pasar, sekolah dll. Masi harus menunggu datangya kendaraan umum atau kita harus berjalan ke pangkalan ojek kini dengan adanya aplikasi go-jek ini hal itu tidak terjadi lagi kita tinggal duduk dan membuka aplikasinya dan dari situ akan muncul pilihan seperti jasa dilivery makanan, jasa transportasi, jasa kurir, dan jasa belanja. Bukan hanya itu pt.go-jek indonesia ini juga menyediakan layanan kredit go-jek bagi konsumen. 

Namun yang jadi problem ketika tidak ada aturan yang jelas oleh pemerintah maka akanterjadi berbagai kekacuan seperti hanya yang terjadi ahir-ahir ini, para pemilik supir taksi melakukan aksi demo bahkan sampek terjadi perkelahian antara taksi konvensional dan juga dilever go-jek. Siapakah yang salah jika sudah terjadi demikian? Sebenarnya tidak ada yang salah Cuma yang harus kita sadari adalah manusia selalu mencari kemudahan dalam hidupnya dan hal ini jika tidak mampu di lihat oleh para pelaku-pelaku bisnis dan tidak melakukan inovasi-inovasi baru maka dia akan tertinggal.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline