Lihat ke Halaman Asli

Munawar Khalil

ASN, Author, Stoa

Bias Mengaji di Jalanan Dalam Perspektif Ulum Al-Qur'an

Diperbarui: 3 Mei 2022   15:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Image: kumparan.com

Seringkali kita menamakan aktifitas membaca Al Qur'an itu dengan sebutan; "mengaji". Padahal dari segi tata bahasa mengaji itu sinonimnya adalah mengkaji. Artinya menelaah apa yang dibaca, kemudian memahaminya. Artinya ada dialektika di sana.

Rata-rata kita tidak berada dalam tahap mengkaji Al Qur'an. Dalam pandangan saya, aktifitas tersebut hanyalah; melafalkan saja. Di level yang lebih konkrit, itu sekedar membunyikan huruf dengan aturan tajwid dan makhraj.

Narasi ini sama sekali bukan bermaksud mengkritisi aktifitasnya. Apalagi, aktifitas tersebut tetap baik dan mendapatkan ganjaran pahala (Muhammad Alawy, Al Qawaidatul Asasiyah: 9-10). Hanya penamaannya saja yang kurang relevan dengan realitas aktifitasnya. Baik mengaji ataupun membaca.

Melafalkan dan Mengaji

Seorang teman yang studinya khusus mengkaji ilmu tafsir Al Qur'an pernah berseloroh. Bahwa dalam tahapan kita saat ini, termasuk yang dilakukan di ruang terbuka (jalan & trotoar). Al Qur'an itu dalam tahapan "membaca" pun kita belum sampai ke sana, katanya. Teman tadi menganggap aktifitas itu sekedar merapal saja. Karena kalo membaca, setidaknya unsur memahaminya masih ada. Jika melapal dan  sekedar membunyikan huruf, jujur saja rata-rata pelafal tidak memahami isinya, lanjut teman tadi.

Di atas tingkatan menghafal, memang membaca. Sayangnya dalam indeks penilaian literasi kognitif dunia yang menggunakan sistim HOTS (Higher Order Thinkinhlg Skill) . Menghafal itu adalah level terendah setelah mengevaluasi, menganalisis, lalu mengkreasi. Sementara kurikulum pelajaran di sekolah kita hampir mayoritas mengarahkan siswa kepada tugas menghafal. Hal inilah mungkin, yang mengakibatkan kemampuan menalar dan menganalisis siswa Indonesia menjadi sangat rendah.

Dalam pemeringkatan PISA (Programe for International Student Assesment) 2015, yang diikuti oleh 540 ribu siswa dari 70 negara, siswa Indonesia menduduki peringkat 62 untuk sains, 61 untuk membaca, dan 63 untuk matematika. Pada tahun 2018 untuk nilai membaca malah turun. Yaitu berada di urutan 72 dari 78 negara peserta.

Sepertinya inilah dampak hal tersebut. Berapa orang dari kita yang melafalkan tapi mengerti artinya? Pertama, karena bahasa Al Qur'an adalah bahasa Arab. Kedua, jika ada terjemahannya kita juga harus tahu tafsirnya. Lalu ujung mengkaji tadi tentu saja mendapatkan pemahaman dari keseluruhan isinya. Kemudian mengimplementasikannya.

Jadi, jika mengingat rumitnya tahapan di atas, rasanya hanya orang tertentu (sebagian kecil) yang disebut mengaji/mengkaji Al Qur'an. Sebagian besar sekedar membunyikan hurufnya saja, dengan mem-branding jumlah jus yang sudah dilafalkan.

Dalam dunia akademik, sarjana-sarjana yang mengkaji isi Al Qur'an pasti kritis dan menemukan beberapa problem dalam setiap kajiannya. Kenapa begitu? Karena mengkaji tentu saja levelnya sudah memahami. Klausul kajian akademis syarat utamanya adalah menemukan fenomena atau masalah. Masalah ini dirumuskan, lalu dikemukakan dengan analisa mendalam.

Jika ada yang berpikir Al Quran itu tidak memiliki problem dan tidak bisa di otak atik pemaknaannya, terima saja apa adanya, tentu tidaklah pas. Karena Al Qur'an sendiri sebenarnya terdapat beberapa ayatnya yang mutasyabihat atau memiliki makna yang tidak jelas.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline