Lihat ke Halaman Asli

PMM UMM

Universitas Muhammadiyah Malang

Pembuatan Alat Sensor Bunyi untuk Perpustakaan SDN Ploso 03 oleh Tim PMM Kelompok 97 Universitas Muhammadiyah Malang

Diperbarui: 7 Oktober 2022   14:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang dalam rangka Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa, dibawah naungan DPPM-UMM , dan Dosen Pembimbing Lapangan Bapak Faris Rizal Andardi ST.,MT.  program diadakan pada tanggal 22 agustus 2022 sampai dengan 22 september 2022,pada SD N PLOSO O3, Kabupaten BLITAR JAWA TIMUR. Dengan tim pelaksana kelompok 97.

Program Pengabdian Kelompok 97 menekankan pada pemahaman teknologi dengan target siswa SD NEGERI PLOSO 03 Kabupaten BLITAR. Dapat berperan dalam perkembangan teknologi. Program ini merupakan edukasi berbentuk tutorial pembuatan alat yang disajikan dalam bentuk video. 

Adanya edukasi seperti ini diharapkan dapat membangun semangat dalam belajar, menginspirasi, menciptakan generasi paham teknologi sejak dini. Program membuat sebuah alat sensor objek gerak, yang diletakkan di dalam perpustakaan sekolah, cara kerja alat sensor ini adalah Ketika sebuah objek memasuki perpustaakan maka secara otomatis sensor berbunyi. Adapun cara pembuatannya speaker membuat sirkuit.

Sirkuit adalah komponen utama dalam alat yang berfungsi sebagai detector, dilengkapi dengan baterai dan komponen tombol, casing luar dan casing baterai. Dibuatnya alat ini bermaksud memberikan edukasi tentang kemajuan teknologi berbentuk alat elektronik, siswa juga dapat melihat proses perakitan alat yang dirancang dalam bentuk video tutorial.        




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline