Lihat ke Halaman Asli

PMM UMM

Universitas Muhammadiyah Malang

Edukasi Keislaman Melalui Aplikasi E-Learning Berbasis Mobile kepada Anak dan Remaja Kampung Gumuk

Diperbarui: 28 September 2022   23:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Kegiatan PMM adalah singkatan dari "Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa", dimana kegiatan ini dilakukan sekelompok mahasiswa dari UMM guna berbakti dan berguna untuk masyarakat sekitar. PMM ini dilaksanakan selama 30 hari dan selalu didampingi oleh masing-masing Dosen Pembimbing Lapangan

Kali ini, Pengabdian kepada Masyarakat oleh Mahasiswa dengan tema "Bhaktiku Negeri" Gelombang 6 kelompok 89, dibimbing langsung oleh Dana Marsetiya Utama, S.T, M.T. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 22 September 2022 yang berlokasi Kampung Gumuk, Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Sebagai perkenalan, Kelompok 89 terdiri dari 5 anggota mahasiswa yang sama-sama berasal dari Fakultas Teknik Jurusan Informatika dengan dipimpin oleh Chanavaro Bayu Handoko sebagai koordinator, kemudianHalif Fachrizal E.K, Naufal Raihan Ramadhany, Danny Ferdiansyah, dan terakhir Wisnu Prayogo Kusumo sebagai anggota.

Kegiatan ini merupakan rangkaian edukasi dari program kerja oleh Mahasiswa Kelompok 89 dengan judul "Edukasi Keislaman Melalui Aplikasi E-Learning Berbasis Mobile kepada Anak dan Remaja di Kampung Gumuk". Tujuan PMM ini adalah memberikan edukasi tentang keislaman terutama dalam membaca Al-Quran melalui aplikasi yang telah dikembangkan oleh para anggota sesuai dengan kebutuhan anak-anak.

Dijelaskan mahasiswa Teknik informatika tersebut, pada program kerja utama mereka juga dimaksudkan guna meningkatkan ilmu dalam membaca Alquran yang benar serta edukasi dalam menggunakan gadget yang baik dan benar , kemudian untuk mengurangi efek negative pada anak dalam dunia teknologi. Kegiatan edukasi tersebut dilakukan terutama pada anak SD dalam tahap perkembangan dan minat belajar.

Dokpri

Kegiatan dimulai dengan pengenalan pada aplikasi Alquran yang menjelaskan beberapa fitur fitur yang ada di dalam Aplikasi. Seperti surah surah di dalam Alquran, Hadist Hadist Alquran dan tema yang ada di Aplikasi. Setelah mengenalkan Aplikasi tersebut, anak anak Kampung Gumuk mencoba untuk mengfungsikan aplikasi itu sendiri agar lebih kenal dan menambah minat belajar Alquran.

Pada edukasi aplikasi alquran ini, tentunya akan dijelaskan juga dengan harakat harakat atau tanda baca di dalam Alquran agar tidak salah dalam membaca surah surah Alquran seperti penggunaan fathah kasrah dan dhammah.

Dokpri

Sementara di satu sisi Halif Fachrizal salah satu anggota tim PMM tersebut juga menjelaskan bahwa kegiatan tersebut diharapkan untuk meningkatkan minat belajar Alquran pada Kampung Gumuk sekaligus menambah wawasan mengenai bacaan / harakat harakat Alquran yang diedukasikan melalui aplikasi yang telah dikembangkan.

"Dengan edukasi aplikasi Alquran yang dikembangkan ini, tentunya akan menjadi bahan belajar pada anak anak Kampung Gumuk agar mereka paham mengenal dan memahami bacaan bacaan harakat pada Alquran," jelasnya.

Dokpri

Mewakili kelompok 89 PMM UMM 2022, ia menyampaikan "Harapan saya tentunya, membantu anak anak Kampung Gumuk yang masih sekolah sd dapat menumbuhkan  minat belajar nya terhadap Alquran melalui aplikasi yang dikembangkan," ungkapnya.

Kami berharap pada kegiatan PMM kali ini bisa mempunyai dampak dan manfaat yang besar bagi kami maupun masyarakat setempat. Sehigga bisa lebih bersinergi lagi antara mahasiswa sebagai perwakilan dari universitas dan masyarakat umum dan juga pihak pemerintah desa. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline