Lihat ke Halaman Asli

Stimulus Bunda terhadap Anak

Diperbarui: 2 Juli 2024   02:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

Khazanah literasi dalam meningkatkan keilmuan bunda seyogyanya senantiasa dilakukan untuk mengetahui beberapa hal yang berkenaan dengan pengasuhannya sebagai edukator dalam lingkup keluarga. "Al-ummu madrosatul uulaa", bahwa ibu adalah pertama bagi anak-anak. Dalam masa perkembangannya bunda telah dikenalnya sejak dalam kandungan, hingga kini sosok bunda menjadi percontohan bagi anak-anak sebagai wajah utama dalam alur kehidupannya. 

Dalam masa perkembangan anak, terkadang anak memunculkan aksi mogok untuk mengekspresikan kegundahannya. Kejadian ini membutuhkan perhatian ekstra dalam memahami keinginannya dengan memutar strategi dan stimulus dan menyelaraskan pesan edukasi bunda dalam pengasuhan. Di setiap masa tumbuh kembang anak memiliki fantasi yang tiada henti dan variatif. Kesan inilah yang tidak tergantikan oleh peran seorang bunda. 

Cobaan dan ujian dalam edukasi keluarga tak terputus oleh waktu. Kekhilafan pada masa lalu menjadi sebuah bukti Allah menciptakan manusia tiada yang sempurna, karena kesempurnaan adalah milik Allah SWT. Maka, keheningan hati dalam penghambaan kepada Allah SWT adalah berusaha lebih baik lagi di masa yang akan datang. Wallaahu a'lam bishawaab.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline