Lihat ke Halaman Asli

Halia Umayah

Mahasiswa

Strategi Marketing Mix 4P untuk Meningkatkan Bisnis dengan Menggunakan Sosial Media

Diperbarui: 14 November 2023   13:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

PENDAHULUAN 

Banyak orang yang berkeinginan untuk melakukan bisnis, baik mahasiswa, ibu rumah tangga hingga karyawan dan modal sering menjadi alasan utama batalnya niat untuk memulai usaha. Padahal dalam merintis sebuah usaha tidak sepenuhnya bergantung pada aspek permodalan karena pada kenyataannya banyak orang memiliki modal namun bingung untuk menetukan investasi yang akan dijalani dalam dunia kewirausahaan.

Kewirausahaan adalah suatu ilmu yang mengkaji tentang pengembangan dan pembangunan semangat kreativitas serta berani menaggung risiko terhadap pekerjaan yang dilakukan demi mewujudkan hasil karya tersebut. Keberanian mengambil resiko sudah menjadi milik seorang wirausahawan karena ia dituntut untuk berani dan siap jika usaha yang dilakukan tersebut belum memiliki nilai perhatian di pasar.

Peter F. Drucker dalam Kasmir mengatakan bahwa kewirausahaan merupakan kemampuan dalam menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda. Olehnya modal bukanlah jadi penghambat seseorang dapat menjalankan sebuah usaha, dengan membangun bisnis.

Dalam melakukan bisnis seseorang dapat memiliki tujuan untuk mencapai laba, di era teknologi ini pembisnis bias memanfaatkan fasilitas promosi menggunakan social media untuk meningkatkan bisnis. Dalam penggunaan social media setiap kalangan pasti memiliki maka kita dapat mempromosikan bisnis kita dengan luas ke setiap kalangan.

Menurut Kotler Armstrong (1997), pengertian marketing mix adalah perangkat pemasaran yang taktis dan dapat dikendalikan perusahaan. Unsur di dalamnya meliputi 4P yaitu produk, harga, tempat distribusi, dan promosi yang kemudian dipadukan oleh perusahaan untuk mencapai target market yang diinginkan.

PEMBAHASAN

Sesuai dengan pernyataan menurut Kotler, bauran pemasaran adalah strategi yang terdiri dari empat elemen utama yaitu produk (Product), harga (Price), tempat (Place) dan promosi Promotion).

Konsep bauran pemasaran terdiri dari empat unsur utama yaitu produk, harga, promosi dan tempat (distribusi). Semua elemen bauran pemasaran, yang dikenal sebagai 4P, saling terkait dan bila digabungkan akan menghasilkan strategi pemasaran yang efektif.

Dengan demikian, tujuan penggunaan strategi bauran pemasaran adalah untuk menjangkau khalayak yang lebih luas. Dengan berfokus pada elemen pemasaran 4P, perusahaan juga dapat merespon dan keinginan konsumen dengan lebih baik.

Misalnya, suatu perusahaan dapat mengembangkan produk yang berkualitas dengan harga yang kompetitif, kemudian mengiklankan produk tersebut dengan cara yang menarik dan efektif serta mendistribusikannya melalui saluran yang tepat.  Dengan mengadaptasi dan mengoptimalkan setiap elemen, suatu merek dapat meningkatkan daya saingnya dan mendapatkan kepercayaan konsumen.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline