Lihat ke Halaman Asli

Apa yang Perlu Disiapkan di Era Society 5.0

Diperbarui: 28 Juni 2023   14:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.pajak.com

Era Super Smart Society 5.0 pertama kali diperkenalkan oleh pemerintah Jepang PM Shinzo Abe pada tanggal 21 Januari 2019 pada World Economic Forum (WEF) di Davos Swiss. PM Shinzo Abe menyampaikan visi mengenai society 5.0, masyarakat yang didukung dengan data tanpa batas dan tata kelola data dari seluruh dunia untuk meningkatkan pertumbuhan di masa depan.

Sejarah Revolusi Industri.

Sejarah Revolusi Industri itu sendiri diawali pada abad ke 18 tahun 1760 -- 1840 yang disebut Era Society 1.0 yang dimana pada tahun tersebut James Watt menemukan mesin uap. Era Society 1.0 berakhir berganti dengan Society 2.0 ketika Thomas Alva Edison menemukan tenaga listrik pada tahun 1870. Era society 3.0 terjadi sekitar awal abad ke 20 tahun 1970-an dimana ditemukannya mesin-mesin pintar seperti komputer, internet, perangkat elektronik dan perangkat lunak. Era society 4.0 yaitu era dimana pengenmbangan teknologi lebih lanjut seperti Big data, Internet of Things (IoT), Industrial Internet of Things (IIot), Cloud Computing, Artificial Intelligent (AI), Virtual Reality (VR), Cyber Security, dsb. Memasuki Era Society 5.0 yang dikabarkan bahwa era dimana AI akan banyak menggantikan posisi manusia, tetapi hal tersebut yang dimaksud dimana era manusia akan berkolaborasi dengan teknologi AI akan tetapi tetap manusialah menjadi komponen utamanya yang diharapkan manusia mampu menciptakan perkembangan teknologi baru guna meminimalisir kesenjangan manusia dan masalah ekonomi. Hal ini bertujuan agar manusia hidup dengan nyaman dan lebih sejahtera.

Yang perlu disiapkan di Era Society 5.0

Yang dimaksud teknologi yaitu suatu cara yang digunakan untuk bertransformasi dari input menjadi output yang dimana outcome, sasaran dan tujuan menjadi produk atau layanan yang diinginkan.

Kemajuan teknologi diartikan bahwa teknologi secara konstan menimbulkan produk-produk dan layanan-layanan baru. Kemajuan teknologi terjadi apabila telah tercapai output yang lebih tinggi, lebih baik dan lebih modern.

Untuk dapat mendukung kemajuan teknologi di Era Society 5.0, hal apa saja yang perlu disiapkan ?

Agar bisa beradaptasi di tengah kemajuan dunia di Era Society 5.0 yang dapat disiapkan yang paling utama adalah Sumber Daya Manusia (SDM) dan infrastruktur. SDM yang berkualitas dan infrastruktur yang mendukung saya anggap merupakan penyokong dasar untuk kemajuan teknologi digital saat ini. Untuk menjadi masyarakat yang berkualitas dan negara yang maju dan dapat beradaptasi di era digital ini maka yang harus dibekali dalam menghadapi Era Society 5.0 yaitu kemampuan, literasi dan karakter.

1. Reformasi dari Sistem Pendidikan.

Merdeka Belajar yang sedang diprogramkan Pemerintah sekarang merupakan salah satu upaya untuk mencetak generasi muda yang handal dan dapat bersaing di Era Society 5.0. Merdeka belajar merupakan suatu sistem pendekatan agar peserta didik dapat memilih pelajaran sesuai bakat dan minat yang dimilikinya. Merdeka Belajar juga berfokus pada materi utama serta pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik.

Program Merdeka Belajar yang ditujukan agar siswa mampu berpikir tinggi sehingga dapat memecahkan masalah yang kompleks, mempunyai kreasi yang tinggi, mampu berpikir secara kritis, dapat melakukan penelitian dan memperkenalkan temuannya, dapat mengerjakan proyek-proyek yang ditugaskan. Reformasi pendidikan diharapkan berupa : 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline