Lihat ke Halaman Asli

Delano Ichsan Hakkina

MAHASISWA UNIVERSITAS DIPONEGORO

Pemahaman Bencana Banjir Sebagai Wadah Evaluasi dan Pengembangan Wawasan oleh Mahasiswa KKN Tim II Undip

Diperbarui: 14 Agustus 2022   01:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Produk Poster Kebencanaan Banjir dan Mitigasinya oleh Mahasiswa KKN Tim 2 Undip

KOTA SEMARANG (3/08/2022), Mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro membuat poster infografis mengenai kebencanaan banjir beserta langkah-langkahn yang harus dilalui. Pembuatan poster tersebut diharapkan mampu meningkatkan pemahaman dan wawasan tentang bahaya banjir dan pentingnya menjaga lingkungan. Pelaksanaan kegiatan tersebut dilakukan untuk mewujudkan SDGs nomor 15 “Ekosistem Daratan” dengan cara mengenalkan bahaya banjir sehingga masayrakat Kelurahan Muktiharjo Lor lebih memahami pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

Menurut Ketua RW 5 Kelurahan Muktiharjo Lor, kegiatan warga di wilayah RW 5 selalu terdampak oleh banjir, terutama jika terjadi hujan yang deras. Hal tersebut dikarenakan daerah yang terdampak banjir merupakan satu-satunya akses masuk ke wilayah RW 5, yang mana daerah tersebut memiliki elevasi tanah yang rendah dan dekat dengan sungai. Selain itu, anak-anak di Kelurahan Muktiharjo Lor sering bermain air banjir yang sebenarnya aktivitas yang berbahaya karena berpotensi menimbulkan penyakit dan mengganggu lalu lintas. Oleh karena itu, pihak kelurahan dan RW 5 sangat terbuka ketika mahasiswa KKN Universitas Diponegoro mencoba membantu dengan memberikan pemahaman melalui poster infografis yang menarik dibaca dan dipahami oleh setiap umur.

“Selalu banjir kalau jalan depan RW 5, jadi untuk akses warga cukup sulit.” Ujar Bapak Nardi selaku Ketua RW 5 Kelurahan Muktiharjo Lor

Penyerahan poster kebencanaan banjir kepada Ketua RW 5 Kelurahan Muktiharjo Lor

BErdasarkan kondisi pemahaman dan wawasan terkait banjir oleh masyarakat Kelurahan Muktiharjo Lor yang dinilai kurang, Mahasiswa KKN Tim II Undip membuat poster infografis mengenai pengertian, penyebab, dampak, dan cara penanggulangan banjir dengan tujuan sebagai media edukasi mengenai bahaya banjir bagi lingkungan dan manusia. Hal tersebut diharapkan mampu mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan oleh banjir, baik terhadap infrastruktur maupun bagi aktivitas dan Kesehatan masyarakat.

Diskusi dan Penyerahan Poster Mahasiswa KKN Tim II Undip kepada Lurah Muktiharjo Lor 

Poster kebencanaan dan mitigasi banjir diserahkan kepada Lurah dan Ketua RW 5 Kelurahan Muktiharjo Lor sebagai arsip dan kenang-kenangan. Selain itu, poster tersebut juga dipasang di tempat-tempat strategis di Kelurahan Muktiharjo Lor, seperti kantor kelurahan dan balai posyandu RW 5 Kelurahan Muktiharjo Lor dengan harapan mampu dibaca oleh semua masyarakat daerah sekitar rawan banjir.

Penulis: Delano Ichsan Hakkina/Teknik/Teknik Geologi/21100119130058

Dosen Pembimbing: Dr. Dra. Wilis Ari Setyati, M.Si.

Lokasi: Kel. Muktiharjo Lor, Kec. Genuk, Kota Semarang, Jawa Tengah




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline