Society 5.0 memanfaatkan berbagai inovasi yang lahir di era Revolusi Industri 4.0 seperti Internet of Things, artificial intelligence, big data, robot, dll untuk menyelesaikan berbagai permasalahan dan permasalahan sosial serta meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. dapat dibuat untuk. Society 5.0 juga dapat diartikan sebagai konsep masyarakat yang berpusat pada masyarakat, berbasis teknologi.
Kaitannya dengan TP adalah Lima elemen dalam pengertian Teknologi Pembelajara, pertama adalah sesi pelatihan. Istilah "penelitian" dipahami sebagai bidang studi, yaitu ruang untuk pengembangan keterampilan pendidikan yang berkontribusi pada berbagai praktik belajar dan mengajar. Istilah tersebut memiliki arti yang lebih luas dari penelitian atau penelitian, yaitu adanya proses refleksi di dalamnya.
Di sisi lain, faktor kedua adalah praktik etis. Definisi praktik etis secara sederhana dipahami sebagai praktik pendidikan yang didasarkan pada nilai-nilai moral dan etika.
Faktor ketiga adalah fasilitasi. Berkontribusi pada definisi teknologi pendidikan menurut AECT 2004 adalah ekspresi yang jelas dari pergeseran paradigma dalam perspektif tentang peran dan tempat teknologi pendidikan.
Tujuan mempelajari teknologi pendidikan bukan untuk mengelola proses pembelajaran, tetapi untuk memfasilitasi proses pembelajaran individu dan organisasi. Dengan kata lain, peran berubah dari supervisi menjadi pendukung belajar.
Faktor keempat adalah ketepatan yang tepat. Konsep akurasi dipahami sebagai pertimbangan teoretis dan etis berdasarkan dimensi seperti psikologi, sosiologi, budaya, ekonomi, politik, dan ideologi. Subyek penelitian dan kegiatan utama teknologi pendidikan adalah penciptaan, penggunaan dan pengelolaan metode dan bahan ajar, yang harus didasarkan pada prinsip ketelitian.
Teknologi pendidikan sebagai struktur teori terdiri dari banyak ide dan prinsip tentang bagaimana menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran dengan bantuan teknologi.
Prinsip umum yang didukung data sebagai penjelasan dari serangkaian gejala atau ekspresi relevansi yang berlaku untuk banyak fakta. Prinsip atau seperangkat prinsip yang menjelaskan hubungan antara berbagai fakta dan memprediksi hasil baru berdasarkan kenyataan di lapangan. Sementara paradigma baru dalam teknologi pendidikan menawarkan pendekatan baru untuk memecahkan masalah pendidikan, pendekatan baru ini berkembang dan memperluas konsep yang ada.
Oleh karena itu, berkaitan langsung dengan definisi dan deskripsi bidang teknologi pendidikan yang dibuat sebelumnya. Jika definisi menyajikan gejala yang saat ini tidak dipahami; Menjelaskan, meringkas, mempelajari, mensistematisasikan, dan mengidentifikasi kesenjangan yang terkait dengan fenomena tersebut. Dalam hal ini, kita dapat mengatakan bahwa definisi ini sesuai dengan teori jika kita telah membuat strategi untuk melakukan penelitian dan evaluasi (prediksi).
Sedangkan konsep teknologi pendidikan dalam bidang garapan adalah Teknologi pendidikan adalah bidang aplikasi. Dikatakan, itu berkembang karena kebutuhan lapangan: kebutuhan untuk belajar lebih efektif, lebih efisien, lebih luas, dan lebih cepat. Untuk itu, ada bisnis dan produk yang sengaja dibuat, dan ada pula yang ditemukan dan digunakan.
Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam beberapa tahun terakhir membuka banyak peluang yang sebelumnya tidak terpikirkan. Itu membuat pendidik millenial berpikir tentang bagaimana menggunakan manfaat teknologi untuk memecahkan masalah pendidikan.