Lihat ke Halaman Asli

Ini Dia Cara agar Kamu Bisa Belajar Secara Efektif

Diperbarui: 4 Januari 2023   10:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Setiap orang belajar secara berbeda. Akibatnya, orang yang berbeda dapat belajar dengan cara yang sesuai dengan mereka. Untuk memudahkan dalam memahami materi pelajaran yang dipelajari, diperlukan pembelajaran yang efektif. Orang yang belajar dengan baik juga memiliki keterampilan manajemen waktu yang lebih baik.

Banyak keuntungan dapat diwujudkan ketika strategi pembelajaran yang efektif digunakan. Lalu, bagaimana cara belajar yang efektif?

Artikel ini akan membahas tentang strategi pembelajaran yang efektif dan memberikan informasi tentang metode pembelajaran yang efektif. Di bawah ini adalah penjelasan lengkapnya.

1. Buat Rencana Studi

Membuat rencana studi adalah metode belajar kedua yang lebih efisien. Dalam hal ini, Anda perlu disiplin untuk mengikuti jadwal belajar Anda. Anda harus belajar, misalnya, dari jam 7 sampai jam 8 malam. Selalu ingat untuk mengambil istirahat lima sampai sepuluh menit saat belajar.

Berbeda dengan belajar dengan kerangka kerja cepat pada malam sebelumnya, salah satu kunci agar hasil belajar tertanam lebih dalam di benak Anda adalah fokus pada setiap hari. Bahkan jika Anda hanya belajar selama 20 menit, itu lebih baik daripada tidak sama sekali.

2. Fokus pada Tempat Paling Dicintai

Tempat yang indah pasti akan memengaruhi perspektif seseorang saat merenung. Atur area belajar di rumah Anda agar semenarik mungkin.

Ubah posisi dan keberadaan ruangan dari waktu ke waktu untuk menghadirkan udara baru yang lebih menyegarkan. Dengan berkonsentrasi pada kafe, perpustakaan, atau taman, Anda juga dapat menemukan lingkungan alternatif. Namun, agar dapat berkonsentrasi dengan tenang, pastikan situasinya tenang.

3. Buatlah Soal Latihan

Anda dapat berlatih menjawab pertanyaan sendiri sebelum ujian yang sebenarnya. Plus, ini dapat membantu persiapan mental Anda untuk pertanyaan ujian. Ini adalah cara yang bagus untuk menghindari kebosanan karena Anda harus terus membaca tentang subjek yang sama. Setelah menyelesaikan pemeriksaan diri, pastikan untuk memeriksa jawabannya. Akibatnya, Anda akan menyadari masalah yang perlu diperbaiki.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline