Lihat ke Halaman Asli

Keuntungan dan Kekurangan Toko Konvensional Versus Toko "Online"

Diperbarui: 15 Februari 2018   11:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

foto: www.mariosuyoto.com

Toko vs Online shop. Pilih yang mana? Kasus, produk furniture. 

Membeli furniture dengan datang langsung ke toko adalah cara yang konvensional. Kita melakukan cara ini, sudah sejak dulu. Tentunya hal ini tidak salah, karena datang langsung ke toko dan menjumpai barang yang akan kita beli, memiliki beberapa keunggulan.

Keuntungan

Membeli furniture secara langsung, memberikan pembeli kesempatan untuk dapat melihat dan menyentuh barang yang akan dibeli. Dengan cara ini, pembeli akan merasa lebih mantap dengan pilihannya. Menyaksikan bagaimana bentuknya dan melihat secara jelas warnanya, dapat membantu membayangkan dimana barang yang akan dibeli akan ditempatkan nanti di rumah. Keuntungan lainya, adalah bahwa membeli di toko juga lebih cepat, karena barang sudah tersedia dan langsung bisa dibawa pulang setelah pembayaran dilakukan.

Kekurangan

Membeli barang secara langsung di toko memiliki keungulan, namun cara ini juga memiliki kekurangan. yaitu,

Pilihan produk furniture yang terbatas. Seperti kita ketahui, bahwa furniture memiliki ragam barang untuk fungsi yang beragam. Ada meja makan, meja kantor, dipan, kursi tamu, kursi makan, meja rias dan lain sebagainya. Dari jenis tersebut, masih juga dibagi menjadi dalam beberapa gaya. Misal dipan, ada dipan model minimalis, ukir, classic, modern dan lain sebagainya. Dari model tersebut, masih juga dibagi dalam ukuran. Misal, dipan minimalis ukuran 160, atau ukuran 180, ukuran 200. Belum lagi untuk pilihan kursi. Tentu dengan beragam pilihan tersebut, mustahil toko bisa menyediakan semuanya. 

Harga. Tentu saja beli di toko lebih mahal. Karena toko memiliki beban biaya, yaitu sewa tempat, membayar karyawan dan biaya operasional lainya, tentu saja beban hal tersebut di bebankan kepada produk, sehingga mempengaruhi harga yang dibeli oleh pembeli.

Energi. tentunya untuk datang dan memilih produk langsung ke toko, pembeli memerlukan waktu, tenaga dan juga konsentrasi untuk melakukannya.

Online shop

Membeli secara online memberikan alternatif kepada pembeli untuk menentukan pilihan furniturenya. Karena produk dibuat berdasar pesanan, pembeli bebas menentukan model yang akan ia beli. Semisal dipan. Pembeli bisa menentukan apakah ia memilih dipan menggunakan bahan kayu jati, atau mahoni. Juga bisa memilih warnanya. Dan pilihan tak berhenti disitu saja, karena pembeli bisa juga memesan untuk menambahkan pilihan lainnya, seperti laci misalnya.  Tentu hal seperti itu, sangat masuk akal dilakukan di online shop, karena barang dibuat berdasar pesanan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline