Lihat ke Halaman Asli

How to Solve Problem Solving?

Diperbarui: 5 April 2022   14:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Popmama.com

" Kerja keras mengalahkan bakat ketika bakat tidak bekerja keras "

Sebagai makhluk hidup, kita tidak akan luput dari masalah. Setiap masalah itu ada jalan keluarnya masing - masing tergantung dari mana dulu mereka akan menyelesaikannya. 

Setiap orang pun berbeda masalahnya. Bahkan orang yang mau meninggal pun memiliki masalah, bukan hanya itu namun orang yang sudah meninggal pun memiliki masalah. 

Seperti orang yang memiliki hutang semasa hidupnya dan belum melunasinya, masalah orang ini pantas di syurga atau di neraka. 

Masalah adalah perbedaan antara apa yang diamati dan apa yang diharapkan serta kesenjangan antara aoa yang di dapatkan dengan ala yang di inginkan. Setiap orang akan menghadapi masalah setiap harinya, lalu bagaimana kita menghadapinya? 

Cara menyelesaikan masalah atau Problem solving biasanya dengan cara Identify, Devine, Explore, Action, and the last look back. 

Pertama Identify, Jika kalian bisa menggambarkan permasalahan yang dihadapi maka kalian sedang dalam perjalanan memecahkannya. masalah yang dihadapi untuk memastikan kalian memecahkan masalah yang benar : Apa masalahnya? Cari tahu penyebabnya? Apakah ini gejala masalah yang lebih besar? Buat masalah yang dihadapi menjadi beberapa bagian dan gambarlah diagram masalah kalian.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline