Lihat ke Halaman Asli

Haisam Rafiq

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga

Apakah Steroid Efektif dalam Membesarkan Otot? Yuk Kita Bahas!

Diperbarui: 29 April 2024   00:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pexels.com

Memiliki otot yang besar merupakan suatu kebanggan tersendiri terutama bagi kalangan pria yang menekuni dunia olahraga, seperti binaraga. Massa otot yang dimiliki seseorang menunjukan indikator kesehatan dan juga kebugaran yang baik dan sehat. Oleh sebab itu, banyak orang-orang berusaha sekuat tenaga untuk membentuk otot sesuai dengan goals yang di idamkan. Namun, tak sedikit juga yang akhirnya memilih jalan pintas dengan menggunakan steroid supaya otot bisa tumbuh menjadi lebih besar secara signifikan. Lalu, apakah penggunaan steroid untuk membesarkan otot aman bagi tubuh?

Apa itu steroid?

Steroid memiliki beragam jenis dan juga fungsi yang berbeda. Namun, jenis steroid yang sering digunakan untuk membesarkan otot adalah jenis steroid anabolik. Steroid anabolik terbuat dari bahan sintetis yang mirip dengan hormon testosterone atau hormon seks pria. Karena kemiripan kandungan tersebut, efek yang akan muncul bila menggunakan jenis steroid ini bisa berupa penumbuhan janggut dan kumis, perkembangan massa otot, serta kepadatan tulang.

Secara medis, steroid anabolik bisa digunakan untuk merasang pubertas pada pria dan juga digunakan oleh penderita AIDS dan kanker sebagai upaya agar tidak kehilangan massa otot. Namun karena manfaatnya, banyak pihak yang secara illegal menggunakan steroid anabolik untuk merangsang perkembangan massa otot supaya bisa tumbuh besar dengan lebih cepat dalam waktu singkat.

Apakah menggunakan steroid untuk membesarkan otot aman?

pexels.com

Penggunaan steroid untuk membesarkan otot sebenarnya sudah dilarang. Para pengguna steroid tersebut bahkan bisa menggunakan steroid dengan dosisi 10 hingga 100 kali lebih besar dari dosisi yang biasa digunakan dalam medis. Dengan dosis penggunaan yang jauh lebih besar dari dosis medis, tentu steroid bisa memberikan efek negatif dan beresiko membahayakan bagi tubuh.

Steroid anabolik dapat menambah jumlah protein yang ada dalam tubuh, sehingga memungkinkan untuk otot dapat tumbuh lebih besar. Tetapi, terdapat steroid alami di dalam tubuh yang mengatur dan membatasi seberapa besar otot dapat terbentuk yaitu testosterone.

Ketika melakukan Latihan angkat beban. Otot yang berbentuk serabut dalam tubuh kita akan terpecah. Supaya otot yang pecah tersebut dapat digunakan kembali dengan optimal, otot tersebut harus di perbaiki dan kandungan protein dalam tubuh dibutuhkan agar otot bisa kembali utuh serta memiliki massa yang lebih tebal. Dengan begitu, otot dapat tumbuh lebih besar dalam hal ukuran dan secara kekuatan juga akan ikut meningkat.

Namun, perkembangan otot tersebut tidaklah semaksimal yang dibayangkan. Hal ini karena ada batasan dalam pembentukan otot yang diatur oleh hormon testosterone. Pada fase inilah steroid anabolik (testosterone) biasa digunakan orang-orang agar perkembangan otot pada tubuh dapat meningkat lebih besar.

Apakah ada efek samping dari penggunaan steroid bagi tubuh?

Steroid anabolik adalah obat yang diproduksi yang meniru efek hormon testosteron pria. Penggunaan steroid anabolik perlu di sesuaikan dengan dosis medis yang dianjurkan karena memiliki efek khusus, diantaranya.

  • Berkurangnya jumlah sperma yang diproduksi
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline