Lihat ke Halaman Asli

Diplomasi Keamanan Indonesia terhadap Palestina

Diperbarui: 8 Maret 2022   13:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Keamanan. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Pixelcreatures

Diplomasi Kemanusiaan terdiri dari strategi untuk memberikan bantuan dan perlindungan kepada warga sipil dalam konflik bersenjata yang dilindungi oleh Hukum Humaniter Internasional. Hal ini dapat dicapai melalui negosiasi dengan pelaku utama yang bertanggung jawab atas perlindungan, baik otoritas, pemerintah atau kelompok bersenjata non-state. Dalam konflik Israel dan Palestina terjadi pelanggaran kemanusiaan yang dilakukan oleh pihak Israel dengan menyerang warga sipil yang tidak bersalah. Indonesia melakukan bantuan kemanusiaan kepada Palestina karena Indonesia mendukung kemerdekaan Palestina dan apapun mengenai kemanusiaan yang terjadi di Palestina. 

Indonesia melakukan bantuan kemanusiaan terhadap Palestina melalui Palang Merah Internasional berupa dana kemanusiaan sebesar US$500.000 atau setara sekitar Rp. 7,1 miliar. Bantuan-bantuan tersebut disalurkan melalui program untuk membangun perekonomian Palestina. Indonesia sangat rutin memberikan bantuan terhadap Palestina. Dalam dua tahun terakhir Indonesia telah memberikan bantuan sejumlah total US$2 juta. Pada 2019, Indonesia memberikan bantuan kemanusiaan sebesar US$1 Juta kepada para pengungsi Palestina yang berada di Kamp Jerash, bantuan tersebut diserahkan melalui United Nations Relief and Works Agency (UNRWA).

Selain memberikan bantuan kemanusiaan, Indonesia juga memberikan bantuan kepada masyarakat Palestina berupa pelatihan di bidang mikro dan entrepeneurship (kewirausahaan), bantuan logistik, bantuan distribusi air bersih serta bantuan-bantuan lain seperti di bidang kesehatan yang berupa bantuan medis, bantuan fasilitas ambulans pre hospital, bantuan bahan bakar untuk menggerakan generator rumah sakit. Bantuan terbesar kepada Palestina yakni berupa bantuan distribusi air bersih, ACT sebagai penyalur berusaha untuk menyudahi krisis air bersih yang terjadi di Palestina yang disebabkan dari perang dengan Israel.

Bantuan jangka panjang juga turut diperhatikan oleh ACT, yaitu berupa pemberian modal kepada para petani Palestina, bantuan tersebut diharapkan  dalam beberapa waktu kedepan hasil panen pertanian tersebut dapat memulihkan perekonomian dan membantu masyarakat Palestina dalam memenuhi logistik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline