Lihat ke Halaman Asli

haifah atmaja

mahasiswa

Lembaga Keuangan Internasional (Bank Dunia)

Diperbarui: 5 Desember 2021   22:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Lembaga keuangan internasional ini didirikan untuk mengatur keungan di duniabisa juga di sebut dapat menangani menangani masalah - masalah keungan yang bersifat internasional. bisa juga berupa pinjaman atau yang lain nya. pemberian bantuan yang dapat dilakukan oleh lembaga keuangan internasional dapat bersifat lunak dapat di artikan dengan suku bunga yang sangat rendah dan jangka waktu peminjaman relatif panjang.(kasmir : 2014-310)

Bank internasional bisa di bagi terbagi tigapembahasan : 

1. Bank dunia atau bisa di sebut dengan (World Bank ). 

2. Bank Pembangunan Asia ( the asian develpment bank ).

3. internasional monetery fund (IMF). 

1. Bank Dunia (World Bank)  

Bank Dunia dapat didirikan dengan tujuan untuk memecahkan masalah - masalah internasional terutama yang berkaitan dengan masalah moneter dan keungan lainnya. dalam kegiatan utama nya pada di waktu itu sangat di fokuskan dapat membantu proses rekontruksi bagi negara negara yang menderita karena terjadinya perang dunia ke II. 

Bantuan bank dunia selanjutnya dialihkan kepada pemberian bantuan pinjaman dalam rangka mebantunya negara yang masih berkembang yang telah menjadi anggota bank dunia .pinjaman yang dibiayai oleh bank duni hanya di tunjukan untuk proyek - proyek yang produktif. 

Bantuan yang diberikannya bank dunia  dari tahun ke tahun semakin beragam. hal ini sesuai pula dengan perkembangan negra - negara di dunia. jenis bantuan yang di berikan oleh bank dunia  seperti, mulai dari pembangunan jalan, meningkat kan pembangkitan tenaga listrik, pembangunan pelabuhan, telekomunikasi, pengembangan dunia pendidikan dan bidang bidang lainnya yang sesuai dengan tujuan bank dunia. 

Sumber - sumber dana bank dunia diperoleh dari bank dunia sendiri, pemerintah - pemerintah asing dan modal swasta. kemudian dana tersebut dapat di kembalikan kepada negara negara anggota yang membutuhkannya dengan resiko dibebankan kepada negara - negara anggota yang membutuhkan lainnya dengan resiko dibebankan kepada negara yang bersangkutan. 

Asal mula adanya bank dunia adalah dari internasional bank for recontruction and development (IBRD). IBRD dapat dididrikan dalam rangka pemecahankan masalah masalah moneter dan masalah keuangannya. pendirian bank dunia pada tahun 1945 ini bersamaan dengan didirikannya Internasional Monetery Fund (IMF).tujuan didirikannya ke dua ini dalam rangka penyediaan perangkat moneter dan keungan untuk menunjukkan kemakmuran dunia. bank dunia mulai melakukan kegiatannya sejak tahun 1946.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline