Lihat ke Halaman Asli

Haifa afifa

Mahasiswa S1

Mengapa Introvert Minim Bersosialisasi dan Berkomunikasi dengan Orang Lain?

Diperbarui: 15 Februari 2023   21:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

          Sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan membutuhkan satu sama lain tentunya kita akan merasa perlu melakukan interaksi dengan orang lain, baik itu interaksi secara langsung atau tidak langsung. Ketika kita sedang berinteraksi atau bisa juga di sebut sebagai berkomunikasi itu sama halnya kita sedang melakukan sebuah proses saling berhubungan antar orang, kelompok, organisasi atau masyarakat agar bisa menciptakan sebuah informasi yang dapat ditrima oleh orang lain. Komunikasi juga bisa diartikan sebagai salah satu cara untuk mengirimkan dan juga menerima suatu berita ataupun pesan antara dua orang atau lebih, sehingga berita atau pesan yang disampaikan dapat dipahami oleh penerima.

ALASAN HARUS TETAP BERKOMUNIKASI DENGAN ORANG LAIN? 

         Ada banyak hal yang menjadi alasan bahwa kita memang diharuskan melakukan komunikasi dengan orang lain. Selain karna kita adalah makhluk sosial yang dituntut selalu berhubungan dengan orang lain, komunikasi juga harus kita lakukan agar memiliki banyak relasi dan pengetahuan dalam segala aspek kehidupan, tujuannya agar ketika kita hendak melakukan sesuatu, kita sudah memiliki gambaran dalam menghadapi situasi karna kita telah mengetahui nya dari orang lain melalui komunikasi. 

Selain itu fungsi dari komunikasi adalah sebagai isyarat sosial antar individu atau kelompok yang menegaskan bahwa komunikasi itu sangat penting untuk membangun konsep-diri untuk membuat kita memiliki jati diri dan tujuan yang jelas dalam kehidupan kita sehingga tidak terombang ambing dalam ketidakpastian dan keraguan. Sebagai kelangsungan hidup yang mana dalam kehidupan sehari hari pasti membutuhkan komunikasi dengan orang lain untuk membicarakan banyak hal atau untuk saling membantu satu sama lain pasti membutuhkan interaksi atau komunikasi antar individu atau kelompok yang di lakukan untuk memperoleh kebahagiaan serta terhindar clad tekanan dan ketegangan.

KENAPA INTROVERT JARANG BERSOSIALISASI DAN BERKOMUNIKASI DENGAN ORANG LAIN?

          Pada dasarnya berkomunikasi sangat efektif dalam memperoleh informasi, karna dalam berkomunikasi dapat mempermudah seseorang dalam memahami suatu pesan atau informasi, sehingga permasalahan yang kompleks seperti kesalahpahaman dapat dicegah dengan komunikasi interpersonal yang baik. Berbeda halnya dengan orang yang memiliki kepribadian yang introvert karna mereka cenderung lebih suka menghabiskan waktunya sendiri, cenderung menutup diri, tidak mau terbuka dan tidak suka berinteraksi dengan orang lain. Karna ketika mereka berada di antara kerumunan orang pasti akan merasa sangat lelah dan lebih cenderung banyak diam dari pada berbicara. Hal itu lah yang menjadi beberapa penyebab mereka tidak suka berkomunikasi dengan orang lain dan hal ini juga tentu sangat berdampak pada mental mereka. 

TIPS MUDAH BERGAUL UNTUK KAMU YANG INTROVERT? 

          Bagi kalian pada introvert yang berjuang untuk bisa gampang bergaul dan punya banyak teman? 

Ada beberapa tips yang bisa kalian praktekkan dalam mencoba bergaul ataupun berkenalan dengan orang lain. 

1. Perhatikan Kondisi Sekitar

Apabila kamu ingin mencoba berkomunikasi dengan orang lain namun kamu merasa tempat itu terlalu ramai, kamu nisa mencoba menunggu sepi atau mengajak lawan bicara ke tempat yang tidak terlalu ramai, sebagai langkah awal kamu mencoba berkomunikasi. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline