Lihat ke Halaman Asli

Haidar Miqdad

Mahasiswa UNSIA

Peluang Creativepreneur di Era Digital: Melihat Peluang Bisnis di Zaman Milenial

Diperbarui: 4 Agustus 2023   02:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Memasuki zaman yang telah betransformasi  dari zaman manual  menjadi sistem teknologi yang canggih terutama dalam dunia bisnis perlulah kita perhatikan. 

Dalam dewasa ini era digital membawa perubahan yang sangat signifikan, dari segi cara seseorang berkomunikasi, berbelanja dan mengakses informasi yang dibutuhkan. Hal ini membawa peluang besar bagi para pembisnis atau entreupreneur dengan cara kreatif dalam memanfaatkan era digital sebagai wadah untuk berkarya dan berinovasi sehingga munculah ilmu baru yaitu  creativepreneur.

Para pelaku creativepreneur membuat kesempatan dengan menghadirkan produk yang unik atau yang sudah ada kemudian dimodifikasi sehingga terlihat berbeda yang jarang ditemukan dipasaran. Dengan cara mengakses teknologi mereka dapat menumpahkan ide-ide dalam mengaplikasikannya secara lebih luas bahkan dapat mengglobal ke wilayah mancanegara.

Berbagai platform online seperti situs web maupun e-commerce memungkinkan seseorang bisa mengenalkan produknya secara meluas. Contohnya di Kota Garut yang memliki desa dengan rumah bak istana yang kebanyakan dari mereka adalah pelaku creativepreneur yang memanfaatkan media sosial dan e-commerce sehingga produk dari penduduk tersebut yaitu aneka tas bisa terjual secara nasioal dan internasional.

Hal lain di era global juga membuka peluang kesempatan bagi para creativepreneur dengan konten multimedia seperti video live, podcast ataupun gambar real untuk mempromosikan produk secara lebih menarik dan meningkatkan jumlah viewer. Konten seperti ini dapat dengan mudah dibagikan melalui platform digital.

Ada keunggulan yang menjadi poin penting keunggulan creativepreneur adalah bisa membuat dan menganalisa trend yang sedang marak dimasyarakat seperti apa sehingga para pelaku creativepreneur bisa membuat hal dalam pengembangan produk mereka dan membuat strategi pemasarannya.

Kita semua pernah merasakan yang terjadi 2 tahun silam bagaimana covid-19 bisa meluluh lantahkan berbagai usaha bisnis ataupun jasa sekalipun. Perusahaan-perusahaan yang gulung tikar atau yang sebagian lagi memberi PHK pada pekerjanya dalam jumlah besar-besaran. 

Hal ini bukan terjadi dinegara kita tapi negara lainpun demikian. Sehingga dalam menuju arah yang normal dan stabil butuh adanya waktu panjang.  Namun dinegara kita mampu dan mulai menunjukan situasi membaik yang ditunjukan pada grafik yang  naik disaat para pelaku creativepreneur kembali berperan.

Creativepreneur tidak hanya membicarakan kemudahan dan hasil yang sudah didapatkan para pelakunya. Pada perjalanannya mereka mengalami hal yang sulit dan dalam menghadapi tantangan, seperti bagaimana melakukan pemasaran yang efektif dalam persaingan dimana-mana dan terus berinovasi dalam tren perkembangan zaman.

Kesimpulan yang bisa diambil adalah bahwa di era digital ini berbagai macam peluang bagi para pelaku creativepreneur sangatlah terbuka dalam berkarya dan berinovasi. Dengan memanfaatkan teknologi mereka bisa memaksimalkan produk yang ingin dikembangan dan dikenalkan pada masyarakat tentunya dengan strategi yang tepat sehingga dapat dengan mudah mendapatkan kesuksesan.

Penulis : Haidar Miqdad

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline