Lihat ke Halaman Asli

Hisnudita Hagiworo

Ibu bekerja yang mencoba menyeimbangkan karier dan keluarga

Agar Tetap "Waras", Ibu Baru Bisa Follow 4 Akun IG Ini

Diperbarui: 30 Januari 2020   11:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Sebagai calon ibu atau ibu baru, pasti memiliki banyak kekhawatiran. Paling umum biasanya dirasakan adalah apakah nanti ASI saya cukup untuk si kecil? Apakah aku bisa menghasilkan ASIP secara konsisten saat di kantor?

Kekhawatiran lain juga akan muncul jika anak tiba-tiba nangis tidak berhenti, padahal baru saja disusuin, ganti popok, udara tidak dingin atau panas. Di sini pasti banyak yang merasa gagal menjadi ibu karena tidak mengerti apa keinginan anak sendiri.

Belum lagi jika ibu terkena baby blues yang membuat kekhawatiran itu semakin besar. Rasa sedih, marah, dan lelah menjadi satu sehingga membuat ibu semakin terguncang.

Ini merupakan tugas suami untuk memberi dukungan kepada ibu untuk terus semangat melewati masa tersebut.

Nah, selain suami dan keluarga dekat tentunya, ada beberapa akun Instagram yang bisa memberi semangat kepada para ibu baru. Berikut beberapa yang juga saya follow saat awal menjadi seorang ibu dan tentunya sangat bermanfaat (bagi saya. semoga juga khalayak banyak). 

@asiku.banyak

Sesuai dengan namanya, akun ini memberikan banyak pengetahuan mengenai ASI. Mulai bagaimana cara menyusui dengan pelekatan yang benar, tips memerah ASI dan menyimpan ASIP, tips cara mengatasi payudara bengkak, dan masih banyak hal mengenai per-ASI-an.

Selain itu, akun ini selalu menyemangati ibu-ibu untuk tidak menyalahkan diri sendiri jika ternyata tidak bisa memberikan eksklusif selama 2 tahun. Admin juga membahas mengenai mitos-mitos yang berkembang di masyarakat dan membenarkan mitos tersebut jika salah.

Pengalaman pribadi atau followersnya dimuat dengan feed yang jelas dan mudah dipahami ibu-ibu baru yang tidak punya waktu lama untuk bermain ponsel.

@metahanindita

Akun milik seorang dokter cantik ini banyak memberikan pencerahan kepada para ibu baru (begitu juga saya). Salah satunya adalah dokter ini mengubah pikiran ibu-ibu yang sedang mempersiapkan makanan pendamping ASI (MPASI) untuk si kecil.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline