Dalam salah satu artikel dari media Korea Selatan menotice cara berkampanye para pendukung dari paslon nomor urut 01 yang memiliki konsep ala artis-artis dunia kpop. Para pendukung dari Anies Baswedan yang diberi nama Humanies ini berawal dari salah satu akun aplikasi X yang bernama @aniesbubble mulai gempar sejak kemunculannya yang membuat antuasias dari para netizen di aplikasi X.
Akun aniesbubble ini meiliki konsep update-an ala idol kpop yang menjalani aktivitasnya melalui aplikasi bubble sehingga adanya komunikasi kedekatan antara idol dan fansnya. begitupun akun aniesbubble ini ia harus selalu memberitahu kepada para humanies tentang kegiatan apa saja yang beliau sedang lakukan selama masa kampanye pilpres ini.
Akun X aniesbubble ini memposting kegiatan Anies Baswedan dengan menggunakan caption hangeul korea agar menarik perhatian khalayak dunia maya dengan cara yang berbeda, lalu disambut baik juga oleh para netizen yang menuai pro dan kontra dengan adanya konsep dari aniesbubble ini. terlepas adanya pro dan kontra dari netizen indonesia justru ini menarik perhatian media Korea
Salah satu Media Korea Selatan yang menyorot dari paslon 01 ini menganalisa bahwa "suporter kandidat dari Anoes menggunakan cara promosi kpop seperti Park ahn nice dan mengirim food truck ke tempat yang ia datangi". hal ini diberi respon oleh netizen korea selatan yang dimana komentarnya : "Aniseu, kamu luar biasa" dari akun X @pang, "ayo denut aniseu caimin" dari akun @bin, "aku pikir akan lebih baik untuk memilih noor 1 diantara mereka^^" dari akun @akunnickname , dan masih banyak komenta positif lainnya.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI