Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Hafiz Ansyari

Guru di MIS NOR RAHMAN Banjarmasin

DLH DKI Jakarta Gerak Cepat: Ribuan Personel Bersiap Bersihkan Sampah Malam Tahun Baru 2024

Diperbarui: 30 Desember 2023   11:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Birokrasi. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Dalam upaya untuk mempercepat penanganan kebersihan pada malam tahun baru 2024, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta telah menyiapkan ribuan personel kebersihan di 25 lokasi di Kota Administrasi dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

Asep Kuswanto, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, menjelaskan bahwa langkah ini bertujuan untuk segera membersihkan sisa-sisa sampah setelah perayaan tahun baru. "Personel kebersihan akan bekerja sebelum dan selama acara malam tahun baru. Kami bertarget untuk membersihkan dan menghilangkan sampah pada Senin, 1 Januari 2024 pukul 05.00 WIB. Mereka akan tetap siaga sampai semua sampah ditangani," ujar Asep dalam pernyataannya di Jakarta, Jumat (29/12/2023).

Lebih lanjut, Asep menyebut bahwa mereka telah menyiapkan 3.180 personel, termasuk sopir truk sampah dan petugas pemungut sampah keliling. Pihaknya juga akan mengerahkan petugas tambahan dari Unit Penanganan Sampah (UPS) Badan Air untuk bekerja sama dengan Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) kelurahan di setiap wilayah kota.

"Personel sudah disiapkan sejak Minggu, 31 Desember 2023 sore. Setelah acara utama selesai, mereka akan segera bergerak ke lokasi masing-masing. Kami juga telah mempersiapkan antisipasi penanganan kebersihan di setiap wilayah Kota Administrasi dan Kabupaten Kepulauan Seribu," tambah Asep.

Di acara puncak malam tahun baru di Monas dan sepanjang Jalan Sudirman-M.H. Thamrin, Dinas Lingkungan Hidup juga telah menyiapkan 500 personel khusus serta sarana seperti 10 truk angkutan sampah, 10 bus toilet, dan 20 unit road sweeper untuk menangani sampah sebelum, selama, dan setelah acara.

"Akan ada pengawas kebersihan yang memastikan proses penanganan sampah berjalan lancar. Mereka akan melakukan patroli di seluruh wilayah Jakarta menggunakan armada pick up double cabin, mini dump truck, dan motor trail. Kami juga berharap para pengelola gedung di sepanjang Jalan Sudirman-M.H Thamrin dapat membuka akses toilet mereka untuk masyarakat umum jika diperlukan," tutur Asep.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline