Lihat ke Halaman Asli

Muhamad Hafizh Baihaqi

Mahasiswa di Universitas Diponegoro

Pelatihan dari Mahasiswa KKN UNDIP Pembuatan Rangkaian Listrik Sederhana bagi Siswa Madrasah

Diperbarui: 8 Februari 2024   17:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Toriyo, 02 Februari 2024 – Pada tanggal 02 Februari 2024, KKN Tim 1 Universitas Diponegoro Tahun 2023/2034 melaksanakan program pelatihan pembuatan rangkaian listrik sederhana di MI Muhammadiyah Toriyo. Program ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep listrik melalui metode praktik dan interaktif.

Pada program ini murid dibagi menjadi 5 kelompok. Program dimulai dengan pemaparan materi mengenai rangkaian seri dan paralel. Materi ini bertujuan untuk memberikan dasar pemahaman kepada siswa sebelum mereka melakukan praktik pembuatan rangkaian.

Setelah pemaparan materi, dilanjutkan dengan sesi praktik pembuatan rangkaian listrik oleh para siswa. Praktik dilaksanakan dengan tahapan awal pembuatan rangkaian seri terlebih dahulu, setelah semua murid selesai membuat rangkaian seri maka dilanjutkan dengan pembuatan rangkaian parallel. Praktik dilakukan secara bertahap agar tidak ada murid yang tertinggal selama proses pembuatan. Setelah selesai dalam proses pembuatan rangkaian listrik dilaksanakan quiz untuk menguji pemahaman siswa terhadap materi yang telah disampaikan. Hal ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana siswa telah memahami konsep-konsep dasar tentang rangkaian listrik.

Diharapkan dengan adanya program ini, KKN Tim 1 Universitas Diponegoro Tahun 2023/2024 dapat memberikan kontribusi langsung dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep listrik.

Penulis : Muhamad Hafizh Baihaqi

Lokasi   : Desa Toriyo, Kec. Bendodari, Kab. Sukoharjo

DPL        : Drs. Hartono, M.T




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline