Lihat ke Halaman Asli

Urgensi Psikologi Komunikasi Dakwah di Lingkungan Mahasiswa

Diperbarui: 7 Desember 2020   10:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hafiz Abdul Mateen

Urgensi psikologi komunikasi dakwah di lingkungan mahasiswa

Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang jiwa atau kepribadian seseorang tingkah laku dan psikis nya, dan komunikasi adalah interaksi antara dua orang atau lebih dalam rangka menyampaikan informasi atau berbagi hal masing-masing, sedangkan dakwah adalah mengajak kepada kebaikan.

Hubungan psikologi dan dakwah itu adalah ketika seseorang akan mengajak kepada kebaikan atau berdakwah maka ia harus tau terlebih dahulu keadaan psikis mad'u nya atau sasaran orang yang akan di dakwahinya agar lebih gampang dan agar lebih tau dan lebih mudah untuk di mengerti.

Karena manusia adalah makhluk sosial mereka hidup tidak bisa sendirian dan membutuhkan orang lain, begitu juga dalam ranah dakwah mereka mad'u membutuhkan orang lain untuk membawanya kepada kebaikan.

Dalam lingkungan kampus dan lingkungan mahasiswa dakwah juga sangat penting agar mereka bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi, dalam lingkungan mahasiswa dakwah bisa secara langsung bertemu dengan mad'u atau bisa lewat media sosial karena sekarang sedang pandemi. 

Dakwah secara langsung bisa dalam keadaan mengobrol atau dalam suatu acara formal tertentu, jika dakwah dengan cara mengobrol terlebih dahulu ini peran psikologi dan komunikasi akan berlangsung dimana pendakwah harus bisa mendekati atau mengetahui keadaan psikis atau jiwa si mad'u agar dalam proses dakwah lebih mudah dan tidak menyinggung hatinya atau mengatakan hal yang bertentangan dengan nya komunikasi yang baik dan benar juga sangat penting dalam proses dakwah karena dengan komunikasi yang baik maka akan lebih mudah untuk merubah keadaan si mad'u dan mengajaknya kepada kebaikan.

Jika dalam lingkungan mahasiswa dakwah sudah menjadi hal yang di haruskan maka itu akan sangat baik karena akan menciptakan pribadi pribadi yang baik secara kan mahasiswa itu contoh bagi masyarakat lainya atau di pandang.

Maka dari itu psikologi komunikasi dakwah di lingkungan mahasiswa itu sangat penting dan di haruskan apalagi jika instansi nya merupakan Islam itu sudah kewajiban.

Penting nya berdakwah di lingkungan mahasiswa menjadikan mahasiswa bisa berubah menjadi lebih baik seperti yang di inginkan dai atau yang berdakwah, maka dai atau pendakwah harus mengerti psikologi komunikasi dalam dakwah agar dalam ajarannya gampang di mengerti mad'u lantaran dai mengetahui kondisi jiwa atau psikis nya si mad'u supaya pendekatan dan proses dakwah lebih mudah di mengerti si mad'u
Perubahan sikap dan tingkah laku mahasiswa merupakan tujuan utama bagi dai dan sebagai tolak ukur keberhasilan nya dalam dakwah di lingkungan mahasiswa atau kampus, sebagaimana tujuan utama dalam berdakwah adalah mengajak kepada kebaikan

Hafiz Abdul Mateen, mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline