Lihat ke Halaman Asli

Book Review Oleh Hafiz Dwi Anggoro

Diperbarui: 7 Maret 2023   05:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

 

Pengertian Pemasaran

Pemasaran menurut perspektif syariah adalah segala aktivitas yang dijalankan dalam kegiatan bisnis berbentuk kegiatan penciptaan nilai (value creating activities) yang memungkinkan siapa pun yang melaku- kannya bertumbuh serta mendayagunakan kemanfaatannya yang di- landasi atas kejujuran, keadilan, keterbukaan, dan keikhlasan sesuai dengan proses yang berprinsip pada akad bermuamalah islami atau perjanjian transaksi bisnis dalam Islam.

Dalam prinsip prinsip pemasaran dalam islam, Islam menerapkan penerapan ikhtiar pada perusahaan Bagi perusahaan yang berikhtiar menerapkan manajemen profesional maka visi dan misi perusahaan akan lebih mudah tercapai, karena faktor dari kekuatan intern perusahaan berupa kultur perusahaan yang melandasinya dalam bentuk kekuatan jiwa perusahaan dapat diresapi dan diaplikasikan oleh tiap-tiap personil. Selanjutnya didalam buku ini dijelaskan juga prinsip yang lain seperti amanah dan jujur, serta nasihat (nasiah).

Tujuan berbisnis yang benar adalah menghasil- kan produk ataupun jasa yang dapat memberi- kan manfaat sebesar-besarnya, dengan kualitas terbaik, dan harga terjangkau bagi masyarakat sebagai konsumennya. Manfaat artinya bahwa produk ataupun jasa bagi lingkunga tersebut secara esensial mengandung makna sehingga sangat berguna tidak hanya bagi pemakai, tetapi juga bagi lingkungan disekitar- nya dan terhindar dari efek merusak atau merugi- kan akibat keberadaanya, "lebih banyak manfaat dari pada mudharat atau bahayanya".

Manfaat dari Lembaga dan Pelaksana

Keberadaan lembaga atau institusi dirasakan akan bermanfaat jika dapat diterima oleh ling- kungan sekitar yang berdampak pada kelestarian, keharmonisan, ketenteraman, dan kebahagiaan masyarakat sekitarnya. Akan sebaliknya, pen- dirian atau keberadaan suatu instutusi atau lembaga tidak membawa manfaat tetapi meng- akibatkan kerusakan dan pencemaran ling- kungan atau bahkan menimbulkan keresahan dan kesusahan masyarakat sekitarnya, sebagai- mana halnya terjadi pada pendirian lokasi tempat

Amanah jujur, Hendaklah kalian selalu berusaha menjadi orang yang benar dan jujur karena kejujuran akan melahirkan kebaikan-kebaikan (ke- untungan-keuntungan). Dan kebaikan akan menunjukan jalan ke sorga. Jika seseorang terus berusaha menjadi orang yang jujur maka pasti dicatat oleh Allah sebagai orang yang selalu jujur.

Nasihat, Nilai Nasihat pada Produk Syariah, Mereka bertanya kepadamu tentang khamar dan judi. Katakanlah, "Pada keduanya itu terdapat dosa besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya".

Bauran Pemasaran (Marketing Mix)

Bauran pemasaran (marketing mix) merupakan komponen-komponen pemasaran yang dimanfaatkan oleh manajemen di dalam kegiatan penjualan. Menurut Hermawan, bauran pemasaran (marketing mix) terdiri dari :

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline