Lihat ke Halaman Asli

Dea

Nothing but busy 🤍

Resiko dan Tantangan apa??Jika Keluargaku Mengetahui Sosial Mediaku

Diperbarui: 31 Juli 2024   14:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Di era digital ini, media sosial telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari. Platform seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan TikTok memungkinkan kita untuk berbagi momen, berkomunikasi dengan teman, dan mengekspresikan diri. Namun, bagaimana jika keluarga mengetahui dan mengakses akun media sosial kita? Artikel ini akan membahas resiko dan tantangan yang mungkin timbul dari situasi tersebut.

Resikonya ada 4 jika keluarga kita mengetahui akun sosial media kita : 

1. Kehilangan Privasi

   Ketika keluarga memiliki akses ke media sosial kita, mereka dapat melihat postingan, komentar, dan foto yang kita bagikan. Hal ini bisa mengurangi tingkat privasi dan menyebabkan perasaan tidak nyaman jika ada konten yang sebenarnya ingin kita jaga tetap pribadi.

2. Misunderstanding dan Konflik

   Konten yang kita bagikan di media sosial bisa saja disalahartikan oleh anggota keluarga. Sebuah status atau foto yang dianggap biasa oleh teman, bisa jadi dipandang berbeda oleh orang tua atau saudara, yang mungkin memiliki nilai dan pandangan yang berbeda.

3. Kontrol dan Pengawasan Berlebih

   Beberapa anggota keluarga mungkin merasa berhak untuk mengawasi atau mengontrol aktivitas kita di media sosial. Mereka bisa saja memberikan saran atau bahkan kritik yang tidak diinginkan terkait apa yang kita posting.

4. Pengungkapan Informasi Pribadi

   Informasi pribadi yang kita bagikan di media sosial, seperti lokasi, aktivitas, dan hubungan pribadi, bisa diketahui oleh keluarga. Hal ini bisa menimbulkan resiko keamanan, terutama jika informasi tersebut disalahgunakan.

Tantangannya pun tak kalah uniknya dengan resiko yang akan didapatkan mulai dari : 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline