Apakah kamu selalu memeriksa keberadaan logo halal setiap kali membeli makanan atau minuman? Lantas, apakah kamu pernah bertanya-tanya seberapa penting keberadaan logo halal di sebuah makanan?
Ternyata di industri makanan, keberadaan logo halal bukan hanya sebagai tanda kepatuhan pada prinsip keagamaan. Bagi industri makanan, keberadaan logo halal memegang peranan penting dalam memenuhi tuntutan konsumen, membangun reputasi merek, dan bahkan membuka pintu ke pasar yang lebih luas. Lebih lanjut lagi, beberapa alasan mengapa keberadaan logo halal atau sertifikasi halal pada makanan itu penting adalah:
Akses ke pasar global yang luas
Islam adalah agama terbesar kedua di dunia. Selain itu, Islam merupakan agama dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Bahkan menurut PEW Research Center, Islam akan tumbuh hingga 75% pada tahun 2050. Dengan ada sertifikasi halal pada makanan, brand akan dengan mudah memasuki pasar global yang luas. Sertifikasi halal ini memberikan akses ke jutaan konsumen yang membutuhkan produk halal, memperluas pangsa pasar, dan meningkatkan potensi penjualan.
Membangun kepercayaan dan reputasi brand
Kepercayaan konsumen adalah kunci dalam membangun dan mempertahankan reputasi brand. Sertifikasi halal membantu brand untuk membangun kepercayaan konsumen. Sertifikasi halal menunjukan komitmen brand terhadap kehalalan dan kebersihan produk. Oleh karena itu, keberadaan sertifikasi halal menjadi alat yang kuat untuk membangun citra positif di mata konsumen.
Kepatuhan terhadap persyaratan hukum dan regulasi
Di beberapa negara, termasuk negara-negara mayoritas muslim, ada persyaratan hukum untuk mendapatkan sertifikasi halal sebagai syarat agar brand dapat menjual produknya kepada umat muslim. Oleh karena itu, logo halal menjadi tanda kepatuhan terhadap regulasi dan hukum setempat. Tanpa adanya sertifikasi halal, produk mungkin tidak diperbolehkan untuk beredar di pasar tertentu. Hal ini tentunya mempersempit akses brand bahkan dapat berdampak negatif pada reputasi brand.
Dengan demikian, keberadaan logo halal bukan hanya tentang spiritualitas, tetapi juga merupakan strategi bisnis bagi produsen makanan. Dengan adanya logo halal, brand dapat memperluas pasar, membangun kepercayaan dan reputasi, serta memperkuat posisi brand di pasar global yang kompetitif.
Sumber
Islam pada tahun 2050
Kebijakan sertifikasi halal di Indonesia