Lihat ke Halaman Asli

Budaya Nyentrik Bervespa dan Sejarahnya di Indonesia

Diperbarui: 22 Juli 2022   03:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Vespa jaman dahulu. (Foto: Pinterest/Husein A)

Culture tahun 1970-an hingga 1990-an yang begitu khas dan nyentrik mulai disegani kembali oleh kawula muda jaman sekarang. Mulai dari musik, pakaian, hingga kendaraan klasik pun digemari oleh anak muda. Salah satu kendaraan yang banyak digemari adalah Vespa.

Vespa adalah sepeda motor berjenis skuter yang berasal dari Italia, hasil produksi dari Perusahaan Piaggio. Nama Vespa sendiri berasal dari bahasa Italia yang berarti tawon. Hal tersebut karena skuter ini memiliki bentuk yang menyerupai tawon.

Bervespa menjadi culture yang sangat digandrungi anak muda jaman sekarang. Skuter dengan bentuk yang khas dan nyentrik ini, menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta Vespa. Mesinnya yang masih menggunakan teknologi 2-tak membuat sepeda motor ini semakin kental dengan nuansa klasik.

Pecinta Vespa memiliki slogan “satu vespa sejuta saudara”. Slogan ini merujuk bahwa dimanapun pengguna Vespa berada, maka disitu pula ada sesama pengguna Vespa yang siap membantu jika terjadi masalah dalam perjalanannya.

Di mata kolektor, Vespa memiliki nilai yang sangat tinggi. Bahkan, ada kolektor yang rela mengeluarkan uang hingga ratusan juta untuk meminang sebuah Vespa. Kelangkaan dari sebuah Vespa membuat harga dari skuter yang terlihat tak bernilai dan tua ini memiliki harga yang cukup fantastis.

Indonesia memiliki jumlah pecinta Vespa yang sangat banyak hingga menjadi salah satu negara dengan pecinta Vespa terbesar di dunia. Salah satu aliran Vespa yang cukup banyak di tanah air adalah aliran Vespa Ekstrem.

Pada bulan Juli lalu, ada sebuah acara yang dihadiri oleh pecinta dan penggiat Vespa dari seluruh penjuru dunia. Acara yang dikenal dengan nama Vespa World Days ini diselenggarakan di Bali.

Vespa memiliki sejarah tersendiri di Indonesia. Skuter Italia ini mulai masuk di Indonesia sekitar tahun 1950-an. Pada awal kehadirannya, Vespa langsung diterima oleh kalangan umum.

Setelah sekitar satu dekade hadir, Vespa menjadi semakin popular. Skuter yang diproduksi pada kurun waktu 1960-an ini pernah menjadi bentuk hadiah dari pemerintah Indonesia terhadap Pasukan Penjaga Perdamaian Indonesia setelah berhasil melaksanakan tugasnya dalam misi perdamaian di Kongo. Vespa tersebut sampai saat ini dikenal masyarakat Indonesia dengan sebutan Vespa Kongo.

Kemudian, pada tahun 1970-an Piaggio dengan gagah berhasil membuat skuter dengan bentuk yang semakin memiliki ciri khas, mulai dari Vespa Sprint 150cc, Vespa Super 150cc, dan Vespa Special 90cc. Hingga saat ini model Vespa tersebut masih sering terlihat mengaspal di jalanan tanah air.

Untuk menambah daya tariknya, pada tahun 1980-an, Vespa kembali mengeluarkan dua jenis Vespa dengan ukuran mesin yang lebih besar. Skuter tersebut dikenal dengan Vespa Spartan 200cc dan Vespa Excel 200cc.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline